Internet di Papua dan Papua Barat Sudah Normal

Kamis, 5 September 2019 16:27 Reporter : Merdeka
Internet di Papua dan Papua Barat Sudah Normal Wiranto. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah menyatakan mencabut status pembatasan fasilitas internet di Papua dan Papua Barat. Mulai hari ini fasilitas internet di Papua dan Papua Barat, dipastikan sudah normal.

"Tadi saya sudah mendapatkan laporan dari Kapolri, BIN, dari aparat keamanan di depan sana, keadaan sudah cukup kondusif. Maka pembatasan internet seperti janji saya kemarin ini dicabut. Jadi internet sudah dinormalkan kembali," kata Menko Polhukam Wiranto di kantornya, Jakarta, Kamis (5/9).

Namun dia mengatakan jika situasi tak kondusif maka fasilitas internet kembali itu kembali diberlakukan. "Dengan catatan, apabila keadaan memburuk, mudah-mudahan tidak, maka tentu pembatasan internet akan kita lakukan kembali," ujar Wiranto.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meralat waktu pembukaan blokir internet di Papua. Sebelumnya, ia menyampaikan pemblokiran akan dibuka, Rabu (4/9) besok. Namun, Pembukaan akan dilakukan dimulai pada tanggal 5 September mendatang secara bertahap.

"Kami beserta operator sudah menyiapkan pemutusan itu diturunkan levelnya dari provinsi ke kabupaten/kota," kata Rudiantara di Kantor Kemeninfo, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).

Menurut dia, secara bertahap wilayah kabupaten atau kota yang masih belum kondusif akan tetap diberlakukan pemblokiran. Sedangkan kabupaten/kota yang sudah kondusif akan bisa dibuka aksesnya.

"Kabupaten yang sudah kondusif nanti kita aktifkan kembali seluruh jenis layanan suara, bisa fb, wa bisa seluruh media sosial lainnya. Ini sedang dilakukan koordinasi dengan orang di lapangan nanti kita lihat yang mana," tutur Rudiantara.

Reporter: Putu Merta Surya Putra [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini