Ini niat dan tujuan umat muslim berbuka dan sahur

Rabu, 7 Juni 2017 16:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Ini niat dan tujuan umat muslim berbuka dan sahur Buka puasa di Masjid Istiqlal. ©2017 merdeka.com/iqbal s nugroho

Merdeka.com - Ramadan bulan penuh hikmah. Setiap amal ibadah diganjar pahala yang berlipat oleh Allah SWT. Oleh karena itu, semua umat muslim berburu kebaikan di bulan penuh rahmat ini.

Seperti berbuka dan makan sahur, selain untuk melepas lapar dan haus serta cadangan tenaga keduanya juga memiliki nilai pahala dari Allah SWT. Sebab, ketika buka dan sahur terdapat doa yang dipanjatkan. Namun di sisi lain terdapat niat yang berbeda untuk makan dan sahur bagi orang berpuasa.

Berikut orang-orang berbuka dan sahur dengan niat dan tujuannya, dikutip dari buku buku Rahasia puasa Ramadhan tulisan Yasin T Al Jibouri dan Mirza Javad Agha Maliki Tabrizi;

1. Orang-orang yang tidak membuat tujuan khusus apa pun untuk makan sahur dan berbuka, dan makan sekedar untuk menikmati rasa makanan dan menghilangkan lapar selama berpuasa.

2. Orang-orang yang makan sahur dan berbuka puasa dengan tujuan menikmati rasa makanan dan menghilangkan lapar, namun pada saat yang sama melakukannya karena berbuka puasa disunahkan dan membantu seseorang dalam ibadahnya.

3. Orang-orang yang makan sahur dan berbuka puasa karena disunahkan, karena Allah menyukainya, dan karena dapat membantunya dalam beribadah. Di samping itu, ia juga menghargai tata cara dan instruksi-instruksi khusus tentang sahur dan berbuka, seperti membaca Alquran, memanjatkan doa-doa khusus sebelum, sesudah dan selama makan sahur dan berbuka. Serta memuji dan bersyukur kepada Allah SWT.

Dari ulasan di atas, termasuk ke dalam niat dan tujuan manakah berbuka dan sahur Anda? [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Lentera Ramadan
  2. Jakarta
  3. Ramadan 2017
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini