Ini kata Yuddy Chrisnandi soal tantangan jadi Dubes RI untuk Ukraina

Senin, 13 Maret 2017 22:29 Reporter : Rizky Andwika
Ini kata Yuddy Chrisnandi soal tantangan jadi Dubes RI untuk Ukraina Menteri Yuddy Chrisnandi ke KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Yuddy Chrisnandi resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Ukraina. Yuddy sekaligus merangkap sebagai Duta Besar untuk Republik Armenia dan Georgia yang berkedudukan di Kiev.

Ditemui usai dilantik di Istana Negara, Yuddy mengutarakan tantangan menjabat sebagai Duta Besar untuk ketiga negara tersebut. Yuddy mengatakan, jumlah WNI di tiga negara itu hanya berjumlah 80 orang. Terlebih, lanjut dia, hubungan diplomatik antara Indonesia dengan ketiga negara tersebut terbilang baru.

Maka dari itu, tantangan menjadi Duta Besar yang berkedudukan di Kiev merupakan meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan ketiga negara itu.

"Karena mungkin intensitas komunikasi dan hubungan diplomatik dalam berbagai sisi belum kita optimalkan. Mengingat hubungan Indonesia dan ketiga negara relatif baru. Kita baru memiliki 3 Dubes di sana, baru 10-12 tahun," kata Yuddy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/3).

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatu Negara dan Reformasi Birokrasi ini menambahkan tantangan lainnya adalah bagaimana menyusun langkah-langkah untuk memperkenalkan tentang Indonesia beserta segala isinya di ketiga negara tersebut.

"Tantangannya adalah bagaimana membumikan Indonesia di 3 negara tersebut," jelasnya.

Selain itu, Yuddy berharap dapat mampu membawa wisatawan dari ketiga negara tersebut untuk mengunjungi Indonesia. Begitupun sebaliknya, ia berharap orang Indonesia dapat pula melirik ketiga negara tersebut untuk sekedar berlibur.

Yuddy menjelaskan apabila telah menginjakkan kaki di Kiev akan langsung menemui WNI dan langsung menjalin komunikasi dengan otoritas setempat untuk membicarakan perkembangan kerjasama.

"Target saya setelah tiba adalah bertemu dengan seluruh WNI yang ada di sana. Dan meneruskan semua kerjasama yang sudah dirintis sebelumnya," tandasnya. [msh]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini