KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Indonesia sulit wujudkan target MDGs di 2015

Senin, 24 September 2012 20:09 Reporter : Yacob Billi Octa
Pemukiman Kumuh Mura Baru. Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Dalam Negeri memprediksi, Indonesia tidak bisa menyukseskan delapan program Millenium Development Goals (MDGs) sampai 2015. Lantaran beberapa program membutuhkan usaha lebih keras untuk menyukseskannya.

"Pada sisi lain, negara kita komitmen menyelesaikan MDGs 2015, dari 8 target, belum semuanya tercapai. Bahkan ada beberapa target yang jika tidak berusaha keras tidak akan tercapai," kata Menteri Dalam Negeri saat sambutan pembukaan rapat konsultasi tim penggerak PKK pusat dan provinsi seluruh Indonesia tahun 2012 yang diwakilkan Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa, Tarmizi A karim di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (24/9).

Adapun program tersebut adalah memerangi penyakit HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, meningkatkan kesehatan ibu dengan mengurangi tiga perempat dari angka tingkat kematian ibu, serta menjamin kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Tidak hanya itu, hingga saat ini Indonesia juga masih diliputi persoalan kemiskinan. Dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa lebih, sembilan persen tercatat masih di bawah garis kemiskinan.

"Dalam perkembangannya, juga menghadapi persoalan, seperti SDM, dan angka kemiskinan yang mencapai 9%," kata Gamawan.

Untuk itu, peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dinilai sangat strategis untuk membantu tercapainya program-program pemerintah. Gamawan berharap PKK sebagai mitra pemerintah, bisa bergerak membantu mewujudkan menyelesaikan program tersebut.

"PK PKK selalu menyesuaikan diri setiap perubahan kebijakan pemerintah pusat atau daerah. Potensi penting itu sendiri adalah PKK, merupakan gerakan dari dan untuk masyarakat," lanjutnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Kesehatan

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.