Ilmuwan di Yogya sebut zaman Jokowi sebagai orde kemandirian

Rabu, 23 Juli 2014 13:20 Reporter : Kresna
Ilmuwan di Yogya sebut zaman Jokowi sebagai orde kemandirian Forum Ilmuwan Yogyakarta. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kemenangan Jokowi dalam pilpres disambut hangat sejumlah akademisi di Yogya yang tergabung dalam Forum Ilmuwan Yogyakarta. Para ilmuwan tersebut menilai kemenangan Jokowi merupakan kemenangan yang melibatkan keikutsertaan masyarakat yang sekaligus memulai zaman baru yaitu orde kemandirian.

Menurut Prof Wuryadi, penasehat Forum Ilmuwan Yogyakarta, orde lama, orde baru dan orde reformasi sudah terlampaui. Jokowi dengan gagasannya yang original menawarkan jalan baru yaitu kemandirian seperti cita-cita proklamasi.

"Belum banyak yang menangkap, gagasan-gagasan Jokowi itu mengarah pada kemandirian, sebut saja tol laut, sederhana, tapi itu jalan menuju kemandirian," kata Wuryadi saat menggelar konferensi pers di Universitas Janabadra Yogyakarta, Rabu (23/07).

Wuryadi melihat, gagasan sederhana Jokowi, seperti membangun tol laut merupakan jalan menuju kemandirian. Tol laut akan menghubungkan ribuan pulau di Indonesia yang berdampak pada berbagai sektor, termasuk pembangunan ekonomi.

"Gagasan lain misalnya, soal ekonomi kreatif, itu juga jalan menuju kemandirian, tapi itu pun belum dibaca secara menyeluruh," ujarnya.

Karena gagasan original Jokowi menuju kemandirian inilah, para Ilmuwan di Yogya menyebut zaman kepemimpinan Jokowi kedepan merupakan orde kemandirian.

"Itu yang disebut orde kemandirian, dimana kita bisa mengurus diri sendiri dan memenangkan persaingan global ditanah sendiri," jelasnya.

Sementara itu, dekan fakultas filsafat UGM, Dr. Muhammad Mukhtasar Syamsuddin menambahkan orde kemandirian ini harus melibatkan keikutsertaan rakyat dalam mewujudkannya. Sama seperti halnya kemenangan Jokowi yang mendapat dukungan aktif dari rakyat, orde kemandirian juga baru akan terwujud jika rakyat juga turut aktif.

"Kemandirian tidak hanya soal ekonomi, tapi disegala bidang, sehingga tujuan proklamasi kemerdekaan bisa tercapai," tambahnya.

Rencananya Forum Ilmuwan Jogja yang diikuti oleh sejumlah akademisi di Yogyakarta, diantaranya rektor universitas Atma Jaya, Dr. Maryatmo, Rektor Janabadra Suharjanto, Tulus Warsito dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Zuly Qodir dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, akan memberikan pokok-pokok pikiran mereka kepada Jokowi untuk mendukung orde kemandirian. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini