Ikut Aksi Demo Buruh, AJI Indonesia Kritisi Kekerasan Pada Wartawan

Rabu, 1 Mei 2019 13:01 Reporter : Ronald
Ikut Aksi Demo Buruh, AJI Indonesia Kritisi Kekerasan Pada Wartawan AJI Indonesia Ikut May Day. ©2019 Merdeka.com/Ronald

Merdeka.com - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia ikut serta dalam aksi May Day di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (1/5). Dalam aksinya, mereka mengkritik masa-masa Pemilu 2019, dengan muncul sebutan 'Cebong' dan 'Kampret'.

'Kritik Jokowi diserang Cebong, Kritik Prabowo diserang Kampret. Stop Doxing dan Persekusi Terhadap Jurnalis. Aliansi Jurnalis Independen' tulis poster yang mereka bawa.

Selain itu, AJI juga membahas akan kekerasan yang dialami oleh wartawan saat meliput.

"Banyak pemukulan terhadap wartawan. 64 Kasus kekerasan pada 2018, itu masih tergolong besar. Dan belum lagi kekerasan yang sifatnya non fisik, bullying di media sosial, terutama tahun kemarin," kata Ketua AJI Indonesia, Abdul Manan di lokasi Rabu (1/5).

Abdul pun berharap jika pemerintah dapat menjamin kesejahteraan dan keamanan para wartawan saat terjun langsung ke lapangan untuk melakukan peliputan.

Sekadar informasi, selama Pilpres 2019 terdapat dua kelompok pendukung dari masing masing Paslon. Untuk pendukung Jokowi Ma'ruf Amin dikenal dengan sebutan 'Cebong' sedangkan Pendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno disebut 'Kampret'. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini