IDI Sebut Jumlah OTG Covid-19 Lebih Banyak dari yang Bergejala, Capai 70 Persen

Sabtu, 19 Juni 2021 19:36 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
IDI Sebut Jumlah OTG Covid-19 Lebih Banyak dari yang Bergejala, Capai 70 Persen Ketua PB IDI Daeng M Faqih. ©Istimewa

Merdeka.com - Ketua Umum IDI Daeng Mohammad Faqih mengkhawatirkan pasien tanpa gejala (OTG). Menurutnya, belum ada strategi ampuh untuk menangani OTG Covid-19.

"Kita sampai sekarang belum ada strategi yang ampuh mendeteksi orang tanpa gejala. Ini kayaknya di negara manapun agak susah," ungkapnya dalam diskusi 'Covid Meradang Pasca Libur Panjang', Sabtu (19/6).

"Jangan kan strategi menanggulangi, mendeteksi saja, memetakan kita masih belum punya strategi," ujarnya.

Menurutnya, angka OTG lebih besar dari yang sakit dan bergejala Covid. Dia bilang, dari penelitian yang ia lihat OTG sudah di atas 50 persen bahkan sampai 70 persen.

"OTG ini kalau sekarang sudah masuk kemana-mana, sudah masuk ke rumah rumah kita, makanya saya melihat lockdown ini apakah efektif kalau orang-orang OTG sudah masuk ke rumah-rumah kita sendiri sudah ada di situ," ucapnya.

Maka dari itu, kata dia, IDI sangat setuju PPKM Mikro dilakukan pemerintah. Dia menjelaskan, mikro yang dimaksud bukan skala kecil tetapi lebih detail.

"Di skala terkecil di komunitas masyarakat itu harus lebih ketat karena OTG sudah masuk ke mana-mana. Itu kalau di kawasan terkecil tidak diawasi dengan baik, masih dilakukan PSBB secara global maka banyak OTG yang masuk ke kampung itu akan lewat," tuturnya.

"Nah OTG ini sekarang strateginya belum dikendalikan dengan baik," kata dokter Daeng. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini