HUT 77 RI, Ridwan Kamil Ingatkan Jangan Ada Polarisasi Politik Identitas dan Agama

Rabu, 17 Agustus 2022 16:22 Reporter : Aksara Bebey
HUT 77 RI, Ridwan Kamil Ingatkan Jangan Ada Polarisasi Politik Identitas dan Agama Ridwan Kamil. ©2022 Merdeka.com/aksara bebey

Merdeka.com - Momentum peringatan kemerdekaan yang sudah memasuki usai 77 tahun harus disikapi dengan fokus pada misi masa depan. Jangan lagi masyarakat meributkan hal yang bisa memecah belah, seperti membesarkan politik identitas.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (17/8).

"Kita menguatkan menjelang 2024 jangan ada polarisasi politik identitas, politisasi agama, pembelahan SARA dan lain sebagainya," tegas dia.

"Kita sudah panjang, 77 tahun melewati hal yang seperti itu. Kita fokus kepada yang sifatnya masa depan. Jangan sibuk mengurusi yang sudah selesai. Bhinneka Tunggal Ika jangan diganggu lagi, perbedaan jangan dibesarkan, carilah selalu persamaan di antara banyaknya perbedaan," ia melanjutkan.

Di samping itu, ia mengingatkan kepada jajaran pejabat di Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk terus menjaga prestasi yang sudah dilakukan. Salah satunya menjadi wilayah dengan nilai investasi di Indonesia.

Kemudian, ia mengklaim di masa periode kepemimpinannya selama hampir empat tahun, banyak inovasi yang sudah dilakukan. Di antaranya inovasi di bidang digital yang berdampak pada perekonomian.

"Dulu sebelum saya menjabat ada sekitar 1000-an desa tertinggal, sekarang jelang akhir satu tahun (masa jabatan selesai) ini sudah 0. Desa mandirinya yang tadinya 30 sekarang 1.100-an. Ada percepatan yang membuat ekonomi bergerak. Tidak ada lagi status desa tertinggal," ucap dia.

Sebagai informasi, dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Ridwan Kamil menyatakan acara tersebut merupakan momen penting dalam mencapai mimpi Indonesia menjadi negara adidaya di tahun 2045 dalam melawan berbagai tantangan yang ada.

"Mari kita jadikan perayaan kemerdekaan yang ke-77 ini sebagai momentum kebangkitan semangat untuk menghadapi beragam tantangan dalam membangun Indonesia yang lebih maju," kata Ridwan Kamil.

Ia menjelaskan pula bahwa tahun ini merupakan tahun ketiga perayaan kemerdekaan dalam situasi pandemi. Namun begitu, kondisi saat ini jauh lebih terkendali karena sudah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi.

"Jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain, Indonesia tergolong sukses dalam pengendalian penyebaran virus Covid-19. Ini semua tentu berkat upaya bersama dan kolaborasi mendorong inovasi dalam menyelesaikan ragam persoalan yang ditimbulkan oleh pandemi ini," pungkasnya. [bal]

Baca juga:
Semangat Santri Tunanetra Ikut Lomba 17 Agustus
Saat Mahasiswa Luar Negeri Ikut Lomba Agustusan di Malang
Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka
Pimpin Upacara HUT ke-77 RI, Anies Baswedan: Jakarta Bangkit Lebih Cepat
Abu Bakar Baasyir: Negara yang Baik Diatur Hukum dari Pancasila Sila Pertama

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini