Hercules berangkatkan 13,5 ton bantuan warga Malang ke korban gempa NTB

Selasa, 14 Agustus 2018 00:01 Reporter : Darmadi Sasongko
Hercules berangkatkan 13,5 ton bantuan warga Malang ke korban gempa NTB Hercules berangkatkan bantuan warga Malang. ©2018 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Pesawat jenis Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU) mengangkut bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Batuan berupa obat-obatan dan bahan makanan seberat sekitar 13,5 ton diberangkatkan dari Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh Malang.

Komandan Lanud (Danlanud) Abdulrahman Saleh, Marsma TNI Andi Wijaya melepas keberangkatan bantuan dalam sebuah prosesi upacara. Batuan sendiri dikumpulkan dari masyarakat Malang Raya dan sekitarnya.

"Sebelumnya kami sudah memberangkatkan bantuan kesehatan dari Yonkes 2 Kostrad. Hari ini kita memberangkatkan relawan dan bahan pokok sebanyak 13,5 ton berupa obat-obatan dan bahan pokok dikirim dengan menggunakan pesawat militer Hercules milik TNI AU," kata Andi Wijaya di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Senin (13/8).

Bantuan berasal dari Lanud Abdulrachman Saleh, Pia Ardhya Garini, Denmatra, BPBD Kota Malang, BPJS, PT Gudang Garam, Universitas Brawijaya, Ikatan Dokter Anak Indonesia, Pawiban Pasundan Jatim, PMI, Darul Hikmah, Darul Anawi, Korem 083, Mahasiswa Lombok, Ikatan Pengusaha Surabaya, DPD PPNI Malang.

Selain obat-obatan dan bahan makanan pokok, dikirimkan juga kendaraan ambulans PMI bersama 14 orang relawan. Turut juga dalam misi dalam operasi tersebut sejumlah personel dari Komunitas Pecinta Alam Malang Raya.

"Dengan mengemban tugas membantu mengirimkan logistik untuk korban gempa sesuai assasmen dari Lombok," kata Andi.

Bantuan tersebut merupakan kali kedua dikirimkan dari Malang menggunakan fasilitas pesawat milik TNI AU. Sebelumnya juga telah mendistribusikan sekitar 5 ton bantuan dari provinsi lain.

Selain itu, dalam waktu dekat juga akan kembali mengirimkan bantuan sekitar 15 ton dalam waktu dekat. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Gempa NTB
  2. Gempa Lombok
  3. Malang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini