Gugus Tugas Akui Klaster Covid-19 di Sumber Semakin Banyak dan Susah Diingat

Senin, 13 Juli 2020 19:45 Reporter : Irwanto
Gugus Tugas Akui Klaster Covid-19 di Sumber Semakin Banyak dan Susah Diingat Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Kasus baru warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumatera Selatan hari ini bertambah 50 orang, sehingga menjadi 2.703 kasus. Penambahan lantaran semakin meluasnya klaster-klaster baru sehingga saking banyaknya sulit diingat.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Yusri mengungkapkan, tambahan kasus baru tersebar di Palembang sebanyak 46 orang, Banyuasin dua orang dan Musi Banyuasin serta Lubuklinggau masing-masing satu orang. Pasien sembuh bertambah 23 orang yang kini menjadi 1.439 orang dan meninggal empat kasus menjadi 129 orang.

"Total kasus Covid-19 di Sumsel berjumlah 2.703 orang, dengan rincian sembuh 1.439 dan masih aktif 1.264 orang," ungkap Yusri, Senin (13/7).

Menurut dia, banyaknya pasien positif imbas dari penyebaran klaster baru, seperti klaster Pusri, PT Hindoli, pedagang pasar Kebun Semai Palembang, dan lainnya. Hal ini menunjukkan penularan masih berlangsung dan perlu diwaspadai bersama.

"Klaster sudah banyak dan susah diingat. Perlu diketahui sebagian besar pasien OTG, artinya orang sehat di sekitaran kita tapi mengandung virus ini," ujarnya.

Yusri kembali mengingatkan kesadaran masyarakat bahwa mengidap Covid-19 bukan aib. Warga sekitar juga mestinya memberi dukungan dan apresiasi kepada orang-orang yang terkena corona sukses menjalani isolasi mandiri dan terpisah dari keluarganya dalam waktu cukup lama.

"Kita mestinya simpati kepada warga yang terinfeksi hingga mampu menjalani isolasi. Covid-19 bukan aib sehingga membuat kita malu atau marah, begitu juga dengan orang sekitar harus mendukung agar sembuh," pungkasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini