Gubernur Sulawesi Utara bantu ambulans keliling khusus lansia

Selasa, 1 Juli 2014 10:30 Reporter : Fariz Fardianto
Gubernur Sulawesi Utara bantu ambulans keliling khusus lansia Ambulans. www.autoblog.com

Merdeka.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo Harry Sarundajang, akan memberikan bantuan mobil ambulans keliling masing-masing satu unit untuk 15 kabupaten/kota se-Sulut untuk digunakan melayani kaum lanjut usia di daerah tersebut.

"Gubernur berharap Pengurus Komda Lansia Sulut di bawah Kepemimpinan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Djouhari Kansil segera membuat kartu lansia, sembari diingatkan para opa dan oma harus menjaga pola makan karena kehidupan para lansia masih tetap dibutuhkan sampai kapanpun," kata Kabag Humas Pemprov Sulut Jemmy Kumendong di Manado, seperti dikutip dari Antara, Selasa (1/7).

Kemendong menjelaskan, Gubernur Sarundajang mengatakan hal itu pada acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2014 di Kota Bitung (28/6), merupakan bentuk penghargaan kepada para orang-orang tua kita telah berjasa bagi negara dan bangsa Indonesia.

Peringatan HLUN, diperingati setiap tanggal 29 Mei dimulai sejak tahun 1996 yang dicanangkan Presiden Soeharto di pucang gading Semarang.

Latar belakang penetapan HLUN merupakan bentuk penghargaan terhadap nilai-nilai historis dan strategis bangsa Indonesia, di mana pada 29 Mei 1945 dilaksanakan sidang pertama badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dipimpin DR.KRT. Rajiman Wediodiningrat, merupakan anggota paling sepuh (Opa) dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulut AG Kawatu selaku Ketua Panitia menyebutkan, tujuan dari kegiatan HLUN tingkat Provinsi Sulut untuk melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat agar selalu meneladani dan menghargai keberadaan lansia, terutama terkait dengan masalah kesejahteraan sosial dari lansia.

Sehubungan dengan peringatan HLUN di daerah ini, telah melakukan bahkti sosial seperti pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian penghargaan perkawinan emas, pemberian sembako, pemberian bantuan kursi roda, lomba idol lansia, dan lomba pakaian daerah.

Kegiatan peringatan HLUN 2014, mengambil Tema "Lanjut Usia Indonesia Sejahtera" sedangkan Sub Tema "Usia semakin tua tetapi kaum lanjut usia di Sulut diharapkan tetap berkarya," ungkap Kumendong.

Dia menambahkan, pada kesempatan itu juga dihadiri Wagub Sulut Djouhari Kansil bersama Ibu Mieke Kansil Tatengkeng, Ketua TP PKK Sulut Ny Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, Walikota Bitung Hanny Sondakh serta para pejabat sipil dan TNI/Polri. [hhw]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini