Ganjar akan temui Jokowi bahas nasib guru tidak tetap

Rabu, 6 Desember 2017 14:39 Reporter : Dian Ade Permana
Ganjar Pranowo diperiksa KPK. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menemui Presiden Joko Widodo untuk mendapat kepastian status guru tidak tetap (GTT). Dia berjanji akan mengawal terus sampai tuntutan yang disuarakan GTT berhasil.

"Rabu saya bertemu Pak Presiden, saya akan coba tanyakan, kalau boleh mengawal akan saya kawal terus karena sebenarnya tuntutan GTT itu tidak tinggi-tinggi kok, kalau tidak PNS ya upahnya sesuai dengan upah minimum kabupaten dan kota," kata Ganjar di Semarang, Rabu (6/12).

Ganjar berencana bertemu Jokowi dalam rangka penerimaan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah, dan Dana Desa Tahun 2018 serta Anugerah Dana Rakca Tahun 2017 oleh Presiden RI di Istana Bogor.

Dia menyatakan akan memanfaatkan waktu tersebut untuk diskusi dengan Jokowi. "Kalau gajinya sudah memenuhi, tentu para guru akan lebih fokus mendidik siswanya. Pemerintah yang harus menjamin itu," katanya.

Menurut Ganjar, jutaan GTT yang tersebar di Jateng harus memperoleh kesejahteraan yang layak. Ditambahkan, keberadaan GTT ternyata tidak diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka tidak bisa mengikuti sertifikasi karena tidak memiliki surat keputusan pengangkatan dari pemerintah daerah.

"Untuk mengangkat GTT, bupati dan wali kota tersandera Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2006 yang melarang pengangkatan guru honorer, mereka tidak berani melanggar aturan itu," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Jawa Tengah Widadi mengatakan pemerintah pusat telah memberikan harapan terkait dengan tuntutan para GTT. "Bapak Presiden sudah merespon permasalahan guru honorer dan kekurangan guru yang akan diselesaikan secara bertahap," katanya.

Penyelesaian kekurangan guru, kata dia, akan dilakukan dengan sistem yang mengedepankan guru yang telah lama mengabdi, khususnya di daerah terdepan, terluas, tertinggal (3T), dan guru yang berprestasi. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Ganjar Pranowo
  2. Hari Guru Indonesia
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.