Eks Napi Koruptor Maju Pilkada, Laode Harap Kualitas Tata Kelola Parpol Ditingkatkan

Rabu, 11 Desember 2019 17:51 Reporter : Merdeka
Eks Napi Koruptor Maju Pilkada, Laode Harap Kualitas Tata Kelola Parpol Ditingkatkan Laode Muhammad Syarif. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif meminta masyarakat menyambut baik keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan batas waktu mantan narapidana maju dalam kepala daerah. Majelis hakim MK sebelumnya memutuskan mantan narapidana harus memiliki jeda lima tahun untuk maju Pilkada.

"Itu kita harus menghargai putusan itu, dan saya pikir ini juga harus disambut baik. Baik oleh pemerintah maupun parlemen atau pun partai politik," ujar Laode di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (11/12).

Laode mengaku banyak mendapatkan laporan masih banyaknya mantan narapidana kasus korupsi didukung partai maupun masyarakat maju dalam Pilkada lantaran memiliki uang yang banyak.

"Yang meniti karir dari bawah sampai ke atas ini enggak pernah disupport, malah karena ada uangnya mensupport mantan napi. Ngapain seperti itu," kata Laode.

Laode berharap putusan MK sekaligus bisa memperbaiki tata kelola partai politik. Setidaknya, pimpinan partai politik tak akan lagi menunjuk mantan narapidana kasus korupsi untuk maju menjadi kepala daerah.

"Jadi kita terima kasih, saya pikir itu putusan Mahkamah Konstitusi yang bagus. Saya pikir juga itu akan lebih bagus untuk meningkatkan kualitas tata kelola partai politik," kata Laode.

Baca Selanjutnya: Parpol Dukung Putusan MK...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini