Eep dan Mochtar satu blok di LP Sukamiskin

Jumat, 30 Maret 2012 00:04 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Eep dan Mochtar satu blok di LP Sukamiskin Eep Hidayat. merdeka.com/dok

Merdeka.com - Setelah Wali Kota Bekasi nonaktif Mochtar Mohammad, Rabu (28/3) Bupati Subang nonaktif Eep Hidayat pun resmi menjadi penghuni baru Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin. Keduanya dijebloskan dalam satu blok sel.

"Bloknya sama dengan Mohtar. Eep sendiri ditempatkan di blok utara nomor 15. Sedangkan Mochtar di sel nomor 09," kata Kuasa Hukum Eep, Abdy Yuhana, saat ditemui di Pengadilan Negeri Bandung, Kamis (29/3).

Dia pun menyampaikan kondisi mantan orang nomor satu di Kabupaten Subang tersebut. "Pak Eep sehat-sehat," terangnya.

Namun Abdy mengeluhkan eksekusi yang dilakukan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar. Dia menilai kejaksaan menyalahi prosedur karena tidak berpegangan pada Pasal 270 KUHAP tentang pelaksanaan eksekusi.

"Kalau kita normatif saja dan patuh hukum. Kita tidak berpegangan pada surat edaran jaksa agung," ujarnya.

Mengenai pengajuan Peninjauan Kembali (PK), Abdy menambahkan tetap  akan menunggu salinan putusan lengkap dari pengadilan soal vonis dari MA terhadap kliennya tersebut.

Ia menjelaskan, untuk mengajukan PK harus memiliki dasar hukum yang jelas, agar dapat mengajukan bukti.

"Kita harus lihat salinan putusan tersebut. Kita harus lihat apa pertimbangan hakim dalam memberikan putusan tersebut," paparnya.

Seperti diketahui, MA menjatuhkan hukuman kepada mantan orang nomor satu di Subang itu selama lima tahun penjara. Selain itu, Eep pun diwajibkan membayar denda sebesar Rp 200 juta dan uang pengganti sebesar Rp 2,548 miliar kepada negara.

MA memvonis bersalah kepada Eep dalam perkara korupsi Biaya Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kabupaten Subang pada tahun 2005-2008. Dari biaya tersebut, MA memandang negara telah dirugikan sebesar Rp 14 miliar. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Lapas Sukamiskin
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini