DPR Nilai Capim KPK dari Unsur Polri Berpeluang Lolos

Senin, 26 Agustus 2019 17:49 Reporter : Henny Rachma Sari
DPR Nilai Capim KPK dari Unsur Polri Berpeluang Lolos Nasir Djamil. ©2016 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meloloskan 20 calon dalam tes profile assessment.

"Dari 40 orang peserta yang hadir mengikuti profile assessment calon pimpinan KPK masa jabatan tahun 2019-2023, yang dinyatakan lulus profile assessment sebanyak 20 orang," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih di kantor Sekretariat Negara Jakarta, beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi III DPR RI Muhammad Nasir Djamil menilai para capim KPK haruslah mempunyai integritas serta independensi yang kuat.

"Siapapun dan apapun latarbelakangnya, yang penting pimpinan KPK itu adalah penegak hukum atau yang selama ini menggeluti bidang hukum. Karena itu (Capim KPK) dari Polri atau lainnya berpeluang lolos," kata Nasir di Jakarta, Senin (26/8).

Pun ia menilai kabar ketidakpercayaan terhadap capim KPK dari unsur Polri cenderung bersifat tendensius. Padahal, KPK mendatang sudah sepatutnya diisi oleh figur penegak hukum atau yang selama ini menggeluti bidang hukum.

Karena itu, figur yang berasal dari unsur Polri maupun penegak hukum lainnya berpeluang menjadi komisioner periode 4 tahun ke depan.

"Yang penting berintegritas dan memiliki independensi yang kuat," tambah Nasir.

"Karena itulah masyarakat perlu mengimbangi kerja Pansel dengan memberikan data yang akurat terkait sosok Capim KPK yang kelak akan dikirim ke Presiden dan DPR," harap Nasir. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini