DPR akan Panggil Plt Dirut PLN Tanya Penyebab Pemadaman Listrik

Senin, 5 Agustus 2019 21:59 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
DPR akan Panggil Plt Dirut PLN Tanya Penyebab Pemadaman Listrik Malam Tanpa Listrik di Ibu Kota. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya menjadi sorotan banyak publik, tak terkecuali dari anggota-anggota DPR. Kapoksi F-PKB Komisi VI DPR RI Nasim Khan menilai peristiwa ini menjadi momentum untuk membenahi perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Saatnya sekarang menata serius kedepan dalam segala hal khususnya BUMN kita yang sangat jelas sesuai Undang-undang bukan hanya untuk mengejar keuntungan tapi kesejahteraan masyarakat dan bangsa," kata Nasim Khan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (05/08).

Menurutnya, pemerintah harus kembali mengecek ulang dan mengevaluasi seluruh sistem energi proyek-proyek yang telah dan akan dibangun.

"Selanjutnya negara harus memastikan proses operasional sistem energi seluruh proyek nasional siap secara khusus menghadapi padamnya energi listrik," ujar Nasim.

Legislator dari Dapil Jatim III ini menilai pemadaman listrik seharusnya bisa diantisipasi jika kursi pimpinan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero merupakan orang yang berkualitas dan berpengalaman.

"Ingat tiap beberapa kali Dirut baru, maka juga terjadi pemadaman semacam ini, yang ngadat dan lain-lain. Sebab tidak mungkin sistem penyulang sangat rentan begini, semua bisa TRIP/shut down. Padahal dalam sistem penyulang yang terkoordinir secara teknis seharusnya sudah diatur sehingga tidak overload. Tetapi mengapa di-overloadkan sehingga trip/shut down. Belum lagi masalah lokal di mana pun tiap menit terjadi karena alam dan lain-lain," jelasnya.

Untuk itu, Komisi VI DPR berencana memanggil Plt Dirut PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero, Sripeni Inten Cahyani dan jajarannya guna mempertanyakan komitmen kerja mereka. Sekaligus mengetahui secara detail penyebab terjadinya pemadaman listrik secara massal tersebut.

"Kita (Komisi VI DPR RI) akan panggil juga pertanyakan komitmen kerja Plt Dirut yang baru belum sebulan," tegas Nasim Khan.

Sebelumnya, Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani menjelaskan, pemadaman ini berawal dari gangguan yang terjadi di salah satu jaringan PLN di Ungaran-Pemalang yang putus dan sedang dilakukan pemeliharaan yang mengakibatkan daya turun. Akibatnya pasokan listrik dari timur ke barat mengalami gangguan di transmisi sirkuit utara.

PT Perusahaan Listrik Negara (persero) memohon maaf kepada masyarakat atas padamnya aliran listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang terjadi Minggu mulai pukul 11.48 WIB. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini