Dishub Catat 200 Ribu Orang Mudik ke Jabar Selama Pandemi Corona

Rabu, 8 April 2020 16:03 Reporter : Aksara Bebey
Dishub Catat 200 Ribu Orang Mudik ke Jabar Selama Pandemi Corona Terminal Kampung Rambutan. ©2020 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat mencatat sebanyak 200 ribu orang telah pulang kampung atau mudik ke sejumlah daerah di sana. Hal ini menjadi masalah tersendiri bagi Pemprov Jabar yang sudah melakukan imbauan kepada masyarakat di luar kota maupun provinsi, agar menahan diri untuk mudik. Tujuannya untuk menekan potensi penyebaran virus corona.

"Pak Gubernur sudah menyampaikan kemarin bahwa angka sementara ini yang tercatat ya, belum yang tidak tercatat, artinya kita kan belum melakukan operasi angkutan Lebaran. Kalau sudah ada operasi kita melakukan pendataan, nah ini pendataan kan belum kita lakukan secara intens, nah belum kita mulai saja sudah masuk data-data dari daerah saja total yang masuk hampir 200 ribu (orang pemudik)," kata Kadishub Jabar Hery Antasari kepada wartawan di Bandung, Rabu (8/4).

Di lain sisi, aktivitas perusahaan otobus (PO bus) di berbagai terminal Jabar sudah menurun hingga 70 persen, meski pembatasan sosial berskala besar (PSBB) belum berjalan. "Saat ini secara alamiah sudah menurun jauh tanpa ada pembatasan penumpangnya kan sudah berkurang 70 persen menurut temen-temen di asosiasi," terang dia.

Mereka yang mudik berasal dari wilayah episentrum virus corona. Dia mengakui, kebijakan dan upaya untuk menahan laju pemudik dihadapkan pada momentum yang kurang baik.

"Jadi ada bencana nonalam penyakit berhadapan dengan momentum menjelang Ramadan dan ada mudik, artinya ini menjadi atensi khusus dan episentrumnya sama jadi sumbernya sama dari Jabodetabek," kata dia.

"Saya belum bisa membandingkan tapi yang sudah ke Kuningan kan ada puluhan ribu, kemudian Tasik ada dan kemarin saya dapat laporan dari Kadishub Majalengka juga yang terorganisir ada 3 ribu orang, tapi di luar itu belum terdata," pungkasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini