Diminta Jabat Ketum Hanura oleh Kubu Wiranto, Ini Kata Daryatmo

Kamis, 19 Desember 2019 16:58 Reporter : Ahda Bayhaqi
Diminta Jabat Ketum Hanura oleh Kubu Wiranto, Ini Kata Daryatmo Plt Ketua Umum Hanura Daryatmo. ©2018 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Loyalis Hanura Wiranto, Chairuddin Ismail menginginkan ada DPP Hanura tandingan. Dia menyebut, setelah Wiranto mundur dari ketua dewan pembina, bisa saja menunjuk plt ketua dewan pembina. Kemudian menunjuk Daryatmo sebagai ketua umum Hanura hingga digelar Munaslub versi kubu Wiranto.

Daryatmo merupakan ketua umum Hanura versi Munaslub Bambu Apus 2018. Dia diangkat saat ricuh internal Hanura antara Ketum Oesman Sapta Odang dengan Sekjen Sarifuddin Sudding. Daryatmo berada dalam barisan lawan OSO.

Saat ditanya soal diminta jadi Ketua Umum sementara Hanura, Daryatmo menyatakan siap demi Hanura. Tetapi, dia meminta lebih baik ditunjuk nama lain.

"Pada prinsipnya untuk Hanura, siap. Hanya saja masih ada tokoh yang lebih hebat dari saya," ujar Daryatmo melalui pesan singkat, Kamis (19/12).

Daryatmo tidak menjabarkan lebih jauh pandangannya terkait konflik Hanura saat ini. Dia mengatakan siap melakukan yang terbaik demi penyelamatan Hanura. Ditanya konstelasi dukungan Hanura kubu OSO, dia menjawab cukup banyak yang mendukung.

"Untuk Hanura, kita akan melakukan yang terbaik. Sedangkan tokoh yang mendukung penyelamatan Hanura cukup banyak. Antara lain Jenderal TNI (Purn) Subagyo HS, Jenderal Pol (P) Chairudin Ismail, dll," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Gerbong pendukung Wiranto menyatakan akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Hanura di luar kepengurusan Oesman Sapta Odang (OSO). Chairuddin Ismail, Ketua Dewan Kehormatan Hanura periode sebelumnya, menyatakan Hanura kepengurusan OSO abal-abal.

Chairuddin merespon mundurnya Wiranto dari Ketua Dewan Pembina. Dia meminta ada pengganti Wiranto, hingga meminta ada Plt Ketua Umum.

"Dan juga kemudian kita juga berharap Pelaksana Ketua Umum, karena di sana kita anggal tidak sah. Sekalipun kita aklamasi, aklamasi, saya minta temen-temen DPC DPD memilih apakah dia ikut kepada Partai Hanura abal abal atau kepada Hanura yang asli," katanya di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (18/12).

Dia pun tidak masalah jika Daryatmo, Ketum Hanura Munaslub Bambu Apus 2018 yang tak diakui kubu OSO itu, menjadi ketua umum. Sementara, Chairuddin belum memastikan kapan Munaslub dapat digelar.

"Kalaupun pak Wiranto misalnya mundur kan ada wakil ketua pembina, terus nanti ketua umum nya kan ada pak Daryatmo lagi atau siapa nanti kita akan bicarakan ke dalam. Setelah itu terbentuk, itulah Hanura," kata Chairuddin. [ray]

Baca juga:
OSO Tak Libatkan Kubu Wiranto Susun Kepengurusan Hanura
Hanura Kubu OSO Tegaskan Munas Tandingan Ilegal
Pidato OSO di Penutupan Munas: Kita akan Secara Terhormat Kembali ke Senayan
Murka Wiranto 'Digusur' OSO dari Hanura Hingga Ungkit Pakta Integritas
OSO Bantah Beli Jabatan Ketum Hanura dari Wiranto Rp200 Miliar

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini