Diduga Terkait Dana Hibah, Pimpinan DPRD Jatim Diperiksa KPK

Rabu, 25 Januari 2023 15:20 Reporter : Erwin Yohanes
Diduga Terkait Dana Hibah, Pimpinan DPRD Jatim Diperiksa KPK Salah seorang pimpinan DPRD Jatim datang ke Kantor BPKP perwakilan Jatim. ©2023 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Sejumlah pimpinan DPRD Jatim diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jatim, di Sidoarjo. Pemeriksaan itu diduga terkait kasus suap dana hibah yang sudah menyeret nama Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak.

Beberapa pimpinan Dewan yang terlihat diperiksa antara lain Ketua DPRD Jawa Timur (Jatim) Kusnadi dan Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad. Tak banyak pernyataan yang disampaikan keduanya saat bertemu awak media.

"Ya tanya yang memeriksa," tegas Kusnadi, Rabu (25/1).

Dia menyampaikan tak hanya dirinya yang datang ke kantor BPKP. "Banyak di sana," tegasnya sembari berjalan ke mobil.

Hal senada disampaikan Anwar Sadat. Politisi asal Partai Gerindra itu mengaku belum bisa banyak berkomentar lantaran belum diperiksa oleh penyidik. "Belum diperiksa," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Sejumlah pimpinan DPRD Jatim ini diduga diperiksa KPK terkait kasus suap dana hibah. Pada kasus ini, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak sudah menjadi tersangka. Bersama Sahat, Staf Ahli Sahat Rusdi, Kepala Desa Jelgung Sampang sekaligus Koordinator Kelompok Masyarakat (Pokmas) Abdul Hamid, serta Koordinator Lapangan Pokmas Ilham Wahyudi alias Eeng juga menjadi tersangka dalam kasus ini.

Sebelumnya, KPK juga memeriksa 10 saksi terkait suap dana hibah ini.

"Hari ini pemeriksaan saksi tindak pidana korupsi suap dalam pengelolaan dana hibah provinsi Jawa Timur, untuk tersangka SHTPS," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Selasa (24/1).

Baca juga:
KPK Periksa 10 Saksi terkait Kasus Suap Dana Hibah Jatim
Soal Kasus Dana Hibah di Pemprov, KPK: Tentunya Ada Kaitannya dengan Eksekutif
KPK Kembangkan Kasus Suap Dana Hibah Usai Geledah Ruang Kerja Khofifah Cs
Kasus Suap Dana Hibah, Penahanan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Diperpanjang 40 Hari
Kasus Dana Hibah di Jatim, KPK Buka Kemungkinan Periksa Khofifah dan Emil Dardak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini