Demokrat: Kami Duga Ada Upaya Kasus Jiwasraya Hanya Jerat Orang Tertentu

Kamis, 16 Januari 2020 13:19 Reporter : Ahda Bayhaqi
Demokrat: Kami Duga Ada Upaya Kasus Jiwasraya Hanya Jerat Orang Tertentu Benny K harman. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat Benny K Harman menuding ada upaya menutup-nutupi kasus Jiwasraya. Benny melihat ada tanda kasus Jiwasraya ini hanya menjerat orang tertentu saja.

"Saya sudah membaca laporan Kejaksaan Agung itu ada tanda-tanda. Kami menengarai adanya upaya sistematik untuk melokalisir kasus ini dengan hanya menjerat orang-orang tertentu saja," ujar Benny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/1).

Sehingga, Demokrat menyatakan sikap akan mengusulkan panitia khusus (Pansus) angket. Benny mengatakan, kasus Jiwasraya ini merupakan kejahatan sistemik dan struktur. Ditambah, diduga melibatkan tokoh yang berada di lingkaran kekuasaan.

"Kasus kejahatan yang sistemik struktur kasus ini, sistemik efeknya juga sistemik juga melibatkan sejumlah tokoh yang berada di lingkaran kekuasaan. Karena ini apabila kasusnya hanya di tingkat panja tidak cukup," ujar Benny.

1 dari 1 halaman

Jangan Hanya Ditangani Kejagung

Menurutnya, penegakan hukum tidak akan efektif jika hanya ditangani oleh kejaksaan. Sebab, salah satu terduga pelaku merupakan mantan orang Kantor Staf Kepresidenan, yaitu bekas Direktur Keuangan Jiwasraya, Hary Prasetyo.

"Kalau hanya ditangani kejaksaan tentu tidak efektif karena kejaksaan di bawah presiden. Kasus Jiwasraya ini kalau kita melihat orang-orangnya pernah ada yang diangkat menjadi orang penting di lingkaran istana," kata Benny.

Meski begitu, dia enggan mengungkapkan apa saja indikasi keterlibatan istana. Karenanya, Demokrat akan mendorong Pansus angket agar penanganan kasus Jiwasraya lebih komprehensif. Demokrat akan melobi fraksi lain.

"Bukan untuk menjatuhkan presiden. Bukan untuk menjatuhkan pemerintah tapi kita mendukung terciptanya pemerintahan yang bersih di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo," kata Benny. [ray]

Baca juga:
Kejaksaan Agung Belum Mau Ungkap Peran Tersangka Jiwasraya
Kejagung Panggil 7 Saksi Terkait Kasus Jiwasraya Hari Ini
Presiden Jokowi Perintahkan OJK Reformasi Industri Asuransi
Kasus Jiwasraya, Penyidik Kejagung Geledah Rumah Eks Diektur dan Kloning Bukti
Ketua OJK Klaim Kinerja Industri Asuransi Aman Meski Diterpa Kasus Jiwasraya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini