Covid-19 Meningkat, Vaksinasi Booster Jawa-Bali dan Jabodetabek Diminta Ditingkatkan

Selasa, 25 Januari 2022 09:16 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Covid-19 Meningkat, Vaksinasi Booster Jawa-Bali dan Jabodetabek Diminta Ditingkatkan Vaksinasi Booster di Puskesmas Jagakarsa. ©2022 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA meminta kepada Jabodetabek untuk melakukan akselerasi vaksin booster atau ketiga di Kabupaten/Kota. Hal itu seiring dengan adanya kasus Covid-19 yang meningkat.

"Mengingat Sebagian kasus terjadi di Jabodetabek, maka Pemerintah Daerah diharapkan untuk melakukan akselerasi vaksinasi booster di kabupaten/kota dengan tingkat capaian vaksinasi yang sudah tinggi," kata Safrizal dalam keterangan tertulis, Selasa (25/1).

Dia menuturkan Jawa-Bali merupakan episenter Covid-19 omicron. Dia pun mengingatkan agar vaksinasi dosis kedua untuk lansia terus dikejar.

"Pemda serta jajaran Forkominda diharapkan untuk terus mengejar vaksinasi dosis 2 untuk umum dan lansia mencapai 70% begitu pula halnya dengan Vaksinasi anak mengingat PTM sudah dilakukan 100%," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Dia juga meminta agar deteksi dapat ditingkatkan dengan tes epidemiologi versus tes screening. Kemudian meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak.

"Surveilans genomik di daerah berpotensi lonjakan kasus, serta penguatan surveilans di pintu masuk negara," pungkasnya. [gil]

Baca juga:
Layanan Vaksinasi Booster di RPTRA Jakarta Selatan akan Diperluas
Vaksinasi Booster Digencarkan di Bali, Ini Syaratnya
Vaksinasi Booster Covid-19 dari Rumah ke Rumah
Cegah Lonjakan Omicron, Mendagri Minta Camat di Pekanbaru Kebut Vaksin Booster & Anak
Gibran Pastikan Semua Warga Solo Dapat Jatah Vaksin Booster
Ini Lokasi Vaksinasi Booster di Jakarta
Suntikan Booster Vaksin Moderna dan Pfizer 90 Persen Efektif Lawan Omicron

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini