Capim Sigit Kritik Wadah Pegawai KPK

Rabu, 11 September 2019 20:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
Capim Sigit Kritik Wadah Pegawai KPK KPK. ©2017 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Calon pimpinan KPK Sigit Danang Joyo menilai Wadah Pegawai KPK seharusnya tidak secara leluasa mengungkap ruang internal ke pihak luar. Hal itu menjawab pertanyaan anggota Komisi III Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu terkait friksi internal KPK.

"Apakah saudara membolehkan langkah politik dalam lembaga WP KPK, bukan lagi wadah pegawai, tapi wadah politik. Punya keberanian ga menata itu?" Kata Masinton dalam uji kelayakan dan kepatutan Capim KPK, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Menjawab pertanyaan itu, Sigit mengaku hanya mengetahui masalah internal di KPK dari media. Menurutnya, masalah organisasi harus diurus di internal.

"Saya mengkritisinya adalah memang seyogyanya organisasi ataupun perkumpulan apapun yang ada di dalam unit kpk memang harus diatur secara internal. Tidak bisa itu kemudian itu diberikan ruang, sehingga ruang tadi dia bisa mengungkapkan secara leluasa ke media," ujar Sigit.

Dia menilai kondisi KPK saat ini seperti ada ketidaksinkronan antara pegawai dengan pimpinan KPK.

"Sehingga yang saya tangkap adalah seolah olah antara pegawai dan pimpinan ini tidak sinkron. Ketika orang menganggap antara pegawai dan pimpinan KPK enggak singkron maka logika pertama pasti ada masalah yang mesti harus dibenahi," kata Sigit.

Dia mengaku bakal menertibkan masalah tersebut apabila terpilih menjadi pimpinan KPK. Kata dia, kalau organisasi yang baik harus satu kata yang sama keluar ke pihak luar.

"Bagi saya memang ini harus ditertibkan, mengenai masalah pola relasi hubungan antara pimpinan dengan bawahan, dengan pegawai, termasuk pola komunikasi ke luar institusi KPK," jelas Sigit. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini