Canda Arief Hidayat usai terpilih kembali jadi ketua MK

Jumat, 14 Juli 2017 15:49 Reporter : Nurul Afrida
Canda Arief Hidayat usai terpilih kembali jadi ketua MK Ketua MK Arief Hidayat. ©2016 Merdeka.com/Ibnu

Merdeka.com - Sembilan hakim memutuskan Arief Hidayat kembali memimpin Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2017-2020. Arief Hidayat terpilih secara aklamasi setelah sembilan hakim MK melakukan rapat pleno secara tertutup.

"Karena saya pakai peci sendiri, makanya saya terpilih kembali itu loh, mungkin, mungkin saya enggak tahu, karena yang lain kan nanti pakai pecinya setelah salat Jumat. Saya sebelum salat Jumat sudah pakai peci, itu mungkin ya, mungkin," ucap Arief menanggapi dirinya terpilih kembali menjadi ketua MK di kantor Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Jumat (14/7).

Salah satu hakim MK, I Dewa Gede Palguna mengatakan, ada beberapa penilaian dilakukan sembilan hakim sebelum memilih Arief. Namun karena materi permusyawaratan bersifat rahasia sehingga tidak bisa diungkap ke publik.

"Kami tentu melakukan evaluasi dan itu menjadi catatan. Apakah pilihan ini terbaik atau tidak, tapi saya selalu mengatakan jurnalis yang meliput di MK adalah humas kami yang tidak dibayar. Jadi tentu Anda lah yang akan menilai apakah pilihan kami atau tidak," kata I Dewa.

Menurut dia, musyawarah itu berlangsung selama tiga jam. Meski begitu, musyawarah itu berlangsung lancar.

"Tiga jam lebih tadi menguras tenaga loh, sebelum akhirnya kami tiba pada hasil musyawarah. Anda tentu bisa membayangkan dari sembilan hakim berapa waktu yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dan evaluasi terhadap MK sebelum tiba pada pilihan," kata dia.

Dewa menjelaskan, dipilihnya Arief berdasarkan sejumlah evaluasi dari para hakim lainnya. Ke depannya diharapkan di bawah pimpinan Arief Hidayat.

"Bukan soal berprestasi atau tidak, tapi goal yang mau kita capai apa. Secara bergurau tadi saya sudah sampaikan kami sudah mencoba mengadu domba, tapi pilihannya ya ini berdasarkan evaluasi kami selama tiga jam tadi. Bagaimana materinya, tidak perlu disampaikan, tapi secara substansi tentu berkaitan dengan kinerja MK, yang nanti," pungkasnya.

Baca juga:
Ketua MK bantah ada pertemuan tertutup 8 hakim sebelum pemilihan
Ketua MK: Tanggung jawab jadi hakim tak cuma di dunia tapi akhirat
Wapres JK hadiri pengucapan sumpah Ketua MK terpilih

Arief Hidayat secara aklamasi terpilih kembali jadi Ketua MK

KPU siap jalankan putusan MK soal konsultasi dengan DPR tak mengikat

HTI gugat Perppu Pembubaran Ormas ke MK Senin 17 Juli

Sembilan hakim gelar rapat tertutup pemilihan ketua MK

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini