Bule Belanda juga bongkar praktik mafia money changer di Bali

Rabu, 3 April 2013 16:15 Reporter : Hery H Winarno
Bule Belanda juga bongkar praktik mafia money changer di Bali Van Der Spek bongkar mafia money changer. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Van Der Spek, tak hanya sukses merekam anggota Polantas Bali yang sedang minta uang damai. Turis asal Belanda ini juga membongkar praktik kotor para mafia money changer di Pulau Dewata. Der Spek pun berhasil merekam aksi para mafia money changer yang kerap ngibulin para turis asing di Pulau Dewata itu.

Aksi Van Der Spek itu bisa dilihat di youtube yang baru diunggah pada 1 April lalu. Di Youtube, video berdurasi 5 menit 28 detik itu diberi nama 'Penipuan Turis di Bali / Fraud to tourists in Bali'

Awalnya tampak bahwa bahwa bule berambut kriting pirang itu memasuki sebuah money changer di sebuah gang sempit di kawasan Bali. Dia pun lalu menukarkan uang dolar ke dalam pecahan rupiah.

Harga sudah setuju, uang rupiah yang akan ditukar pun sudah dihitung dan disiapkan petugas kasir. Namun dengan kecepatan tangan yang dimiliki kasir tersebut, beberapa lembar uang Rp 50 ribu ia jatuhkan ke laci. Uang yang sudah berkurang jumlahnya itu pun segera berpindah tangan ke Van Der Spek.

Ketika keluar bilik money changer, Van Der Spek lalu menghitung rupiah yang dia terima. Dan benar saja, rupiah yang dia terima tidak sesuai dengan nilai tukar yang seharusnya.

Bule itu pun kemudian masuk dan meminta kekurangan uangnya dikembalikan, tetapi usahanya sia-sia. Sang kasir menolak mengembalikan uangnya.

Bukan sekali saja Van Der Spek merekam hal itu. Dia lalu kembali melakukan penukaran mata uang di lokasi berbeda, namun perlakuan sama tetap dia alami.

Seorang kasir money changer berkaos putih mengelabuhi dengan cara yang sama di tempat pertama. Dengan cepatnya sang kasir bisa mengurangi tumpukan uang rupiah dan dimasukkan ke dalam laci. Tetapi kali ini sang kasir kalah gertak.

"How did you do it? why? because stupid turis?" ujar Van Der Spek dalam video tersebut.

"Tell me the secret?" desak Van Der Spek kepada pria yang mengakalinya itu.

Sang petugas kasir rupanya tidak bisa mengelak lagi bahwa dirinya telah mengelabuhi pelanggannya. Dia pun segera meminta maaf kepada Van Der Spek.

"Sorry yah. Do you want to look?" ujarnya.

Kasir itu pun langsung mempraktikan bagaimana trik yang digunakannya untuk mengurangi setumpuk uang rupiah yang dia genggamnya. Dan memang butuh kecepatan dan ketenangan untuk melakukan trik tersebut.

Kasus tersebut sebenarnya akan merugikan warga Bali tentunya. Selama ini Bali dikenal sebagai kota tujuan turis internasional. Namun bila kecurangan seperti itu terus terjadi, bukan tidak mustahil Bali akan ditinggalkan para turis asingnya.

Berikut video Van Der Spek saat merekam aksi para mafia money changer sedang beraksi:

Baca juga:

Beredar video polisi mengajak damai bule Belanda di Bali

Ini pengakuan bule Belanda yang diajak damai polisi di Bali

4 Pengakuan bule ditipu orang Indonesia di Bali

Selain ngajak damai, polisi di Bali juga traktir bule minum bir

Van Der Spek: Menggembirakan, diajak minum bir polisi di Bali

Polisi yang ngajak damai dan minum bir sama bule kena sanksi [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Penipuan
  2. Polisi Kriminal
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini