Bharada E Ingin Hadir di Persidangan, Siap Buktikan Perintah Sambo Bunuh Brigadir J

Kamis, 6 Oktober 2022 15:59 Reporter : Nur Habibie
Bharada E Ingin Hadir di Persidangan, Siap Buktikan Perintah Sambo Bunuh Brigadir J Bharada E Jelang Pelimpahan Tahap II ke Kejaksaan. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK) Susilaningtias mengatakan, Bharada E alias Richard Eliezer mengaku ingin menghadiri langsung persidangan perkara pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Menurut Susilaningtias, Bharada E ingin membuktikan di persidangan bahwa diperintah untuk menembak Brigadir J.

"Untuk sementara, dia bilang saya inginnya hadir secara langsung. Karena saya ingin membuktikan komitmen saya bahwa dia tetap mengungkap perkara ini, dia ingin membuktikan bahwa dia diperintah," kata Susilaningtias saat dihubungi, Kamis (6/10).

Susilaningtias menegaskan, Bharada E akan siap memberikan kesaksiannya secara langsung dalam persidangan nanti.

"Iya dia menyampaikan bahwa siap secara langsung. Tapi sampai sejauh ini seperti itu. Kita mengawal terus. Kalau misal nanti kemudian di tengah jalan ada tekanan psikis yang dialami, bisa saja yang bersangkutan menggunakan hak-nya untuk menyampaikan keterangan secara hak-nya," tegas dia.

2 dari 4 halaman

Ingin Bongkar Perkara Pembunuhan Brigadir J

Dia menjelaskan, alasan Bharada E ingin hadir secara langsung pada saat persidangan nanti. Setelah dia lebih dulu menjalani rekonstruksi perkara tersebut secara langsung.

"Pas Setelah rekonstruksi itu, munculah oh ternyata seperti ini. Jadi dia sudah mulai memahami mulai mengerti, oh ini peran saksi dan bagaimana harus bersaksi. Karena rekonstruksi kan dihadapkan langsung datang, dia bisa," ujar.

"Dan dia berkaca dari pengalaman rekonstruksi kemarin, dia memutuskan bahwa saya siap offline gitu. Kalau offline boleh kalau online pun boleh," sambungnya.

LPSK juga menyiapkan pengawalan terhadap Bharada E pada saat sidang secara langsung nanti. Hingga saat ini LPSK masih terus melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Agung terkait pengamanan untuk Bharada E.

"(Pengawalan) Kita siapin semuanya karena kita belum tahu nih, kalau pengadilan kan di PN Jaksel belum ditentukan tempatnya apakah di PN Jaksel-nya ataukah di tempat lain. Itu yang lagi kami koordinasi dengan kejaksaan berkaitan dengan pelaksanaan persidangan ini," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Bharada E, Bripka Rizal & Kuat Maruf Ditahan di Rutan Bareskrim

Enam tersangka kasus kematian Brigadir J ditempatkan di Rutan Bareskrim Polri usai pelimpahan Tahap II yakni penyerahan barang bukti dan tersangka perkara dugaan pembunuhan berencana dan obstruction of justice. Mulai dari Bharada Richard Eliezer alias Bharada E hingga Bripka Ricky Rizal.

"Terhadap yang lain CP, BQ, dan IW di Bareskrim Polri. Untuk tersangka RR, RE, KM ditahan di Bareskrim," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (5/10).

Adapun identitas mereka adalah Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal, Kuat Maruf, Kompol Chuck Putranto, Kompol Baiquni Wibowo, dan AKP Irfan Widyanto.

4 dari 4 halaman

Jaksa Tahan Ferdy Sambo ke Mako Brimob, Putri Candrawathi ke Rutan Salemba

Kejaksaan Agung (Kejagung) siap menerima pelimpahan tahap II tersangka Ferdy Sambo cs atas kasus kematian Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Nantinya, Jaksa akan langsung menjebloskan Ferdy Sambo ke rutan Mako Brimob, Kelapa Dua.

Sedangkan, Putri Candrawathi akan dijebloskan ke Rutan Salemba cabang Kejagung.

Demikian dikatakan Jampidum Fadil Zumhana. "Tujuan penahanan sebagaimana pernah dijelaskan bahwa untuk memudahkan proses persidangan," ungkap Fadil saat jumpa pers di Kejagung, Rabu (5/10).

Nantinya, Ferdy Sambo akan dijebloskan ke rutan Mako Brimob bersama dengan Brigjen Hendra Kurniawan, AN dan ARA.

Sedangkan, Brigadir RR, Bharada E, dan Kuat Maruf akan ditahan di rutan Bareskrim Polri.

"Bersama dengan tersangka CP, BQ dan IQ," katanya.

"Untuk PC ditahan di Rutan Salemba cabang Kejagung," tuturnya. [gil]

Baca juga:
Begini Kondisi Kesehatan Putri Candrawathi Setelah Dijebloskan ke Penjara
Beda Perlakuan Kejagung saat Tampilkan Tersangka Kasus Brigadir J, Ferdy Sambo 'Aman'
Ragam Ekspresi Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Ada yang Tegar & Tertunduk Malu
Jaksa Pastikan Tak Beri Perlakuan Khusus Bharada E Meski Dilindungi LPSK
Pengacara Putri Candrawathi: Tak Adil Jika Tidak Bersalah Ikut Dihukum
Pengacara Siapkan Saksi Kejutan di Sidang, Agar Bharada E Bebas
Momen Kejagung Buka Masker 3 Tersangka Kasus Brigadir J, Ekspresi Bharade E Disorot

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini