Bermodal Foto Polisi, Driver Ojek Online Tipu Gadis Asal Pandeglang

Kamis, 22 Agustus 2019 19:11 Reporter : Dwi Prasetya
Bermodal Foto Polisi, Driver Ojek Online Tipu Gadis Asal Pandeglang Pelaku penipuan di Pandeglang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - YS (24) seorang driver ojek online menipu gadis asal Pandeglang berinisial RR, dengan mengaku sebagai anggota Polri. YS mengunggah foto seorang anggota Polri yang berdinas di Polda Banten, dan mengaku kepada korban bahwa foto tersebut adalah dia.

Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Banten Kompol Wiwin Setiawan mengatakan, tersangka melancarkan aksinya dengan berpura-pura sebagai anggota Polri dan menghubungi korban melalui pesan tertulis. Dari Facebook, percakapan keduanya berlanjut ke WhatsApp.

Setelah menjalin hubungan, pelaku mulai meminta sejumlah uang kepada korban dengan alasan untuk biaya perawatan medis ibunya. Selama berhubungan dari Juni 2018, RR telah tiga kali mengirim uang dengan total Rp21 juta.

"Modus pelaku berteman dengan korban akun medsos lain. Si pelaku mengambil foto korban untuk dibuat akun FB tersebut dengan cara itu pelaku memperdaya korbannya," kata Wiwin kepada wartawan di Mapolda Banten, Kamis (22/8).

Berdasarkan pengakuan pelaku, hasil uang kejahatannya tersebut dipakai untuk foya-foya. Selain RR, pelaku mengaku sempat menipu salah satu gadis asal Surabaya Jawa Timur inisial R.

Kasus ini terungkap setelah RR yang mempunyai teman seorang anggota Polri di Pandeglang ini menceritakan, bahwa ia sedang menjalani hubungan dengan seorang polisi yang berdinas di Polda Jatim. Pada saat RR menunjukkan foto tersebut, ternyata bergambar Briptu TR.

"Saat dikonfirmasi langsung kepada Briptu TR yang bersangkutan tidak mengaku. Merasa dirugikan TR melaporkan kejadian tersebut kepada penyidik Ditreskrimsus Polda Banten," bebernya.

Baca juga:false
KPK Tegaskan Surat Seleksi Pegawai di Bali Palsu
Catut Nama Pejabat Polda Jatim, Dua Penipu Kelabui Pengusaha di Gresik
Jadi ASN Abal-Abal, Buruh Serabutan di Kebumen Tipu warga Ratusan Juta
Polisi Bongkar Sindikat Penipuan Penjualan Apartemen, Korban Capai 455 Orang
Warga Malang Diminta Waspada Penipuan Catut Wakil Wali Kota [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini