Berani Berubah: Pengolah Serabut Kelapa Jadi Sumber Penghasilan Warga

Senin, 22 November 2021 07:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Berani Berubah: Pengolah Serabut Kelapa Jadi Sumber Penghasilan Warga Perajin Serabut Kelapa. istimewa

Merdeka.com - Jaenuri melihat potensi dari sampah serabut kelapa. Pelaku UKM Kabupaten Malang ini akhirnya mengajak ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggalnya untuk mengolah sampah serabut kelapa jadi barang yang berguna dan bernilai. Di tangan Jaenuri dan ibu rumah tangga, serabut kelapa bisa disulap menjadi pot bunga.

Sebelum membuka UKM di Malang, Jaenuri terlebih dahulu menjadi pelaku UKM di Ciliwing. Saat itu, Jaenuri tidak langsung menilai buruk limbah sampah yang menumpuk. Menurutnya, pasti ada cara mengolah sampah menjadi peluang usaha. Dari pola pikir itu, Jaenuri tercetus membuat industri kerajinan yang berbahan baku dari limbah sampah.

perajin serabut kelapa
istimewa

Kini Jaenuri bersama ibu-ibu rumah tangga lainnya membuka UKM yang mengolah limbah serabut kelapa jadi sumber penghasilan.

"Sehingga saya berpikir sebagai latar belakang penggiat lingkungan saya melihat sampah-sampah tumpukan serabut kelapa ini jika tidak digunakan tidak dimanfaatkan itu potensi menimbulkan sampah menjadi limbah yang berpengaruh terhadap lingkungan," kata Jaenuri.

Pot berbahan dasar serabut kelapa diminati masyarakat di awal pandemi Covid-19. Saat itu, tren tanaman sedang gencar-gencarnya. Penjualan pot serabut kelapa semakin meningkat.

perajin serabut kelapa
istimewa

Kondisi ini menguntungkan bagi 19 orang yang ikut dipekerjakan membuat pot serabut kelapa. Mereka terdiri dari ibu-ibu dhuafa, anak-anak yang putus sekolah, hingga mantan karyawan yang terimbas PHK.

"Saya memprioritaskan masyarakat sekitar terutama kaum duafa, anak-anak putus sekolah pada saat pandemi ini mereka yang paling terpuruk dari segi penghasilan. Kita pekerjakan mereka untuk membuat pot ini sehingga mereka bisa mempunyai penghasilan," kata Jaenuri.

perajin serabut kelapa
istimewa

Jaenuri ingin usaha kerajinan pot serabut kelapa semakin berkembang, sehingga bisa membuka lapangan kerja seluas-luasya. "Mimpi saya ingin masyarakat sekitar mempunyai lapangan pekerjaan yang sama kesempatannya dengan orang-orang perkotaan." kata Jaenuri. [noe]

Baca juga:
Berani Berubah: Jalan Hidup Seniman Menuju Angkringan
Berani Berubah: Menyulap Sungai jadi Sumber Pendapatan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini