Bawaslu Bali Bentuk Tim Investigasi Dugaan Pelanggaran Kampanye oleh Koster

Selasa, 26 Februari 2019 03:00 Reporter : Moh. Kadafi
Bawaslu Bali Bentuk Tim Investigasi Dugaan Pelanggaran Kampanye oleh Koster Milenial Road Safety Festival. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bali, sudah membentuk tim investigasi dan sudah memulai bekerja untuk menangani dugaan kampanye Gubernur Bali Wayan Koster.

"Kami sudah mulai melaksanakannya, mengenai hasilnya belum bisa saya sampaikan karena ini masih dalam proses. Jadi kami sudah membentuk tim investigasi dan sudah ada surat tugasnya dan sudah melaksanakan tugasnya," ujar I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi selaku Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Bali, saat dikonfirmasi, Senin (25/2).

Raka Sandi juga menegaskan, untuk sementara tentang dugaan kampanye tersebut masih dalam proses, dan sesuai dengan ketentuan etika yang berlaku saat ini belum bisa disampaikan.

"Kalau sudah selesai tentu kami akan sampaikan. Tim kami sudah bekerja, jadi kami mohon memberikan waktu dan kesempatan, agar bisa melakukannya dengan suasana yang jernih dan tenang," ujarnya.

Selain itu, Raka Sandi juga menyampaikan kepada pihak-pihak terkait untuk menunggu hasil investigasi tim Bawaslu Bali.

"Karena ini masih dalam proses, agar diminta sama-sama menjaga dan memberikan kesempatan kepada tim yang berkerja. Karena, dalam ketentuan Bawaslu memang tidak dibatasi waktunya. Karena ini tidak bisa kita katakan (kerjakan) satu dua hari kemudian ditutup belum selesai, dan malah nanti tidak jelas pertanggung jawabannya," ujarnya.

Raka Sandi juga mengungkapkan, bahwa pihak Bawaslu Bali akan bekerja maksimal untuk dugaan kampanye tersebut.

"Jadi prinsip saya sebenarnya, semakin cepat semakin baik, di samping itu tentu kelengkapan informasi dan keakuratan data yang sudah dapat juga menjadi penting," ujarnya.

"Jadi dua aspek itu, antara waktu dan kelengkapan informasi jangan sampai nanti salah dalam analisis karena datanya tidak lengkap," lanjutnya.

Sebelumnya pada Minggu (17/2) di Lapangan Renon, Koster hadir untuk memberi sambutan dalam acara Milenial Safety Road Festival yang diinisiasi Polda Bali. Namun, tiba-tiba di hadapan ribuan pengunjung, Koster mengampanyekan untuk memilih Jokowi. Padahal, ia diundang sebagai Gubernur dalam acara tersebut. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini