Bawaslu: 20.834 TPS Tak Sediakan Alat Bantu untuk Tunanetra

Rabu, 17 April 2019 23:46 Reporter : Nur Habibie
Bawaslu: 20.834 TPS Tak Sediakan Alat Bantu untuk Tunanetra penyandang tuna netra mengikuti pilkada. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Mochammad Afiffudin menyebut, ada 20.834 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tak menyediakan alat bantu untuk para tunanetra untuk mencoblos. Hal itu ia katakan setelah pihaknya memantau TPS di setiap daerah.

"Ada 20.834 TPS tidak menyediakan alat bantu tunanetra, braile template," kata Afif di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Menurutnya, setiap TPS harus menyediakan alat bantu untuk tuna netra. Hal itu agar mereka dapat menggunakan hak pilih suaranya dengan baik.

"Seperti di Jawa Tengah, hal ini mengurangi akses hak tunanetra. Padahal mestinya di semua TPS ini ada," ujarnya.

Selain itu, ternyata masih ada ribuan TPS yang sulit untuk dijangkau oleh penyandang disabilitas agar sampai ke lokasi pencoblosan.

"Bawaslu mengawasi akses TPS penyandang disabilitas agar gampang menggunakan hak pilihnya. Ada 2.366 TPS yang sulit dijangkau atau tidak akses bagi penyandang disabilitas," ungkapnya.

"Misal ada lokasi TPS yang berbatu, TPS berundak, atau bertangga yang membuat pemilih disabilitas tidak bisa mencapai TPS," pungkasnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini