Audisi Ditutup, PB Djarum Cari Atlet Bulu Tangkis di Turnamen

Selasa, 10 September 2019 18:31 Reporter : Abdul Aziz
Audisi Ditutup, PB Djarum Cari Atlet Bulu Tangkis di Turnamen Generasi Terakhir Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis PB Djarum. ©2019 Merdeka.com/Abdul Aziz

Merdeka.com - Pamit tak menggelar lagi audisi umum beasiswa bulutangkis, Pelaksana Teknis PB Djarum sekaligus legenda bulutangkis Indonesia, Fung Permadi mengakui bakal sulit memantau atlet bulutangkis di luar Jawa. Pasalnya, arahan yang ia dapat dari PB Djarum yakni pencarian bakat atlet bulutangkis di tahun 2020 lebih difokuskan pada pemantauan di turnamen-turnamen dan klub.

"Kesulitan saya rasa lebih dirasakan oleh adik-adik di luar jawa," kata Fung Permadi di GOR Satria Purwokerto, Selasa (10/9).

Permadi tak menampik, format audisi sejatinya lebih efektif untuk memantau bakat bibit atlet. Pasalnya lewat audisi, para pencari bakat dapat melihat kebolehan para atlet. Selain itu audisi membuka ruang selebar-lebarnya para atlet untuk memperlihatkan kemampuannya.

"Tentu tanpa audisi, pemantauan jadi lebih terbatas," ujarnya.

Untuk tahun depan, pencarian bakat lebih memaksimalkan pemantauan turnamen. Dan pemantauan di club yang bekerjasama dengan PB Djarum. Selain itu PB Djarum akan lebih fokus pada pembinaan atlit di Jakarta dan Kudus.

Usai menggelar audisi umum beasiswa bulutangkis di Purwokerto, Fung mengatakan audisi akan berlanjut di Surabaya, Solo Raya dan Kudus. Jika menilik gelaran audisi di tahun-tahun sebelumnya, biasanya selain di Purwokerto, para peserta akan membludak di Surabaya dan Solo.

"Di Purwokerto ini kan ada 900 peserta. Biasanya di Surabaya juga banyak pesertanya. Purwokerto dan Surabaya, lumbung-lumbung atlet bulutangkis," jelasnya.

Audisi umum beasiswa bulu tangkis oleh PB Djarum pertama kali digelar pada 2006. Pada tahun 2019 ini, PB Djarum telah memastikan jika tahun 2019 adalah tahun terakhir diadakannya audisi umum beasiswa bulu tangkis. Hal itu terjadi menyusul klaim dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menyebut adanya unsur eksploitasi anak dalam audisi umum beasiswa bulu tangkis.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Adakah Unsur Eksploitasi Anak dalam Audisi Bulutangkis PB Djarum? Klik disini [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini