Antisipasi Cacar Monyet, Bandara Adi Soemarmo Pasang Thermoscan

Kamis, 16 Mei 2019 12:27 Reporter : Arie Sunaryo
Antisipasi Cacar Monyet, Bandara Adi Soemarmo Pasang Thermoscan Cacar Monyet. ©CDC Public Health Image Library

Merdeka.com - Merebakmya virus cacar monyet atau monkeypox di Singapura, membuat PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo meningkatkan kewaspadaan. Untuk mengantisipasi penularan virus tersebut, pengelola bandara memasang peralatan thermoscan.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danardewi mengatakan, pemasangan thermoscan sudah dilakukan beberapa hari lalu. Pemasangan dilakukan oleh pihak KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan). Peralatan untuk deteksi suhu tubuh tersebut akan dioperasikan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Ini untuk mengantisipasi penularan virus cacar monyet atau monkeypox agar tidak masuk ke Solo," ujar Danardewi, Kamis (16/5).

Danar menjelaskan, pemasangan alat tersebut diletakkan di terminal kedatangan luar negeri. Meski di Adi Soemarmo sudah tak ada rute penerbangan ke Singapura, namun antisipasi dan pengawasan tetap harus dilakukan. Mengingat bisa saja virus tersebut telah menular di negara lain, termasuk Arab Saudi.

"Seluruh penumpang dan crew yang baru turun wajib dilakukan pemindaian suhu tubuh. Yakmi melalui thermoscan," katanya.

Danardewi menambahkan, jika ditemukan penumpang yang terdeteksi memiliki suhu tubuh di atas 38,5 derajat maka akan segera diperiksa kesehatannya. Jika perlu akan dirujuk ke rumah sakit.

"Kalau ada yang terdeteksi akan kita rujuk ke RSUD dr Moewardi Solo sebagai rumah sakit rujukan nasional," pungkas dia.


[lia]

Topik berita Terkait:
  1. Cacar Monyet
  2. Penyakit Cacar
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini