Anggota DPR Nilai Banding Ferdy Sambo Ditolak Bukti Polri Sikapi Harapan Masyarakat

Minggu, 25 September 2022 17:06 Reporter : Merdeka
Anggota DPR Nilai Banding Ferdy Sambo Ditolak Bukti Polri Sikapi Harapan Masyarakat Nasir Djamil. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menilai penolakan banding Irjen Ferdy Sambo atas sanksi pemecatan menunjukkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) serius menyikapi harapan masyarakat agar pelaku pembunuhan berencana Brigadir J dihukum berat.

"Penolakan atas banding FS menunjukkan bahwa Polri serius menyikapi harapan masyarakat agar pelaku pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dihukum dengan berat, dan dipecat tanpa hormat," kata Nasir kepada wartawan, Jakarta, Minggu (25/9).

Nasir menyebut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo harus melalui situasi sulit, dengan menerapkan kata-katanya yang menginginkan agar otak pelaku pembunuhan berencana itu dan para anggota polri yang terlibat dihukum sesuai dengan perbuatannya.

"Jadi ditolaknya banding dalam kasus PTDH yang dikenakan ke FA adalah keputusan sulit dan berat yang harus diambil oleh Kapolri," ujarnya.

Politikus PKS itu menilai proses hukum yang dilakukan Polri terhadap mantan Kadiv Propam Polri itu sudah berani. Termasuk kepada para anggota Polri lainnya yang terlibat dalam kasus ini.

"Proses hukum yang dilakukan saat ini sudah tegas dan berani," katanya.

Sebelumnya diberitakan, perangkat komisi banding menolak pengajuan banding Ferdy Sambo. Untuk diketahui, Ferdy Sambo mengajukan banding atas putusan Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) komisi sidang kode etik.

"Memutuskan permohonan banding dari saudara nama Ferdy Sambo SH, SIK, MH, pangkat NRP Irjen Pol 73020260, jabatan pati kesatuan, menolak permohonan banding pemohon banding,"kata Ketua Sidang Komisi Banding Komjen Agung Budi Maryoto saat membacakan putusan sidang banding Ferdy Sambo, Senin (19/9).

"Menguatkan putusan sidang kode etik Polri nomor NIP/74/VIII/2022, tanggal 26 Agustus 2022 atas nama pelanggar Irjen Pol Ferdy Sambo, SH, SIK, MH, NRP 73020260 jabatan Pati Yanma Polri."

Tidak hanya itu, komisi banding juga menjatuhkan sanksi etika kepada Ferdy Sambo. [cob]

Baca juga:
Diundang MKD, IPW Bakal Buka-bukaan soal Jet Pribadi Ditumpangi Brigjen Hendra
Kapan Ferdy Sambo Disidang?
Daftar 4 Polisi Eks Anak Buah Ferdy Sambo yang Jalani Pembinaan Mental dan Keagamaan
Update Polisi Langgar Kode Etik Bersama Ferdy Sambo dalam Kasus Brigadir J
Ferdy Sambo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini