Akun Instagram Pemkot Solo Diretas Lagi, Gibran Lapor Pihak Facebook

Kamis, 21 Oktober 2021 19:03 Reporter : Arie Sunaryo
Akun Instagram Pemkot Solo Diretas Lagi, Gibran Lapor Pihak Facebook Solo Great Sale Diluncurkan, Gibran Ajak Masyarakat Berbelanja. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Akun Instagram Pemerintah Kota Solo @pemkot_solo kembali diretas. Sejumlah unggahan tak jelas muncul sejak Rabu (20/10) malam. Setidaknya ada 3 foto yang diunggah oleh peretas.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah melaporkan kejadian tersebut ke Facebook, selaku pemilik Instagram. Saat ini, lanjut dia, kasus tersebut sedang ditangani oleh Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo).

"Nanti biar dibenerin Diskominfo. Sudah (lapor ke Facebook). Kelihatannya orangnya sama," ujar Gibran, Kamis (21/10).

Gibran optimistis dalam sehari atau dua hari, akun instagram tersebut akan kembali normal. Ia juga enggan untuk membawa kasus tersebut ke pihak berwajib.

"Nantilah sambil jalan. Rasah lah, urusan kecil, nanti kan balik lagi," tandasnya.

Gibran menyebut saat ini memang sedang marak kasus peretasan akun Instagram. Belum lama ini, dikatakannya, ia juga mendapat laporan adanya akun kuliner yang juga diretas.

"Kasusnya podo (sama). Ketoke (kelihatannya) lagi marak," katanya.

Gibran mengaku belum mengetahui lokasi pelaku peretasan tersebut. Ia menduga peretas saat ini sama dengan sebelumnya.

"Enggak usah dibesar-besarkan lah. Nanti sehari dua hari balik lagi," pungkas dia.

Kasus peretasan akun instagram milik Pemkot Solo pertama kali terjadi pada Jumat (9/10) tengah malam. Hingga Sabtu dini hari ada 18 unggahan berupa foto maupun video tidak jelas. Unggahan terakhir akun instagram dengan 40,7 ribu pengikut tersebut berupa foto berisi informasi mengenai lomba nasional film pendek dan animasi yang diselenggarakan oleh Diskominfo setempat.

Setelah lebih dari 24 jam, akun instagram @pemkot_solo kembali normal. Namun setelah beberapa jam kemudian akun tersebut kembali diretas. Admin akun pun sempat beberapa kali mengganti kunci email dan bahkan mematikan sementara akun tersebut. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini