India Kirim Bantuan Oksigen, Airlangga Sebut Teman Sejati Ada saat Dibutuhkan

Rabu, 21 Juli 2021 20:30 Reporter : Merdeka
India Kirim Bantuan Oksigen, Airlangga Sebut Teman Sejati Ada saat Dibutuhkan Airlangga Hartarto. ©2020 Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Menko Perekonomian yang juga Ketua KPC PEN, Airlangga Hartarto mengutip ungkapan teman sejati ada saat dibutuhkan. Hal itu ia katakan untuk menanggapi bantuan oksigen konsentrat dan liquid yang dikirimkan India.

"Friend in need is the friend indeed, teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman sebenarnya," ujar Airlangga, Rabu (21/7).

Ketika India dilanda krisis tabung oksigen untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19 gelombang kedua. Indonesia adalah salah satu negara yang memberikan bantuan medis berupa 3.400 unit tabung oksigen ke India. Bantuan tersebut dilepas oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Kita menjadi kawan di kala senang dan susah. Ini juga sebagai pengingat dalam menghadapi pandemi kita harus menguatkan solidaritas dan bergandengan tangan agar pandemi bisa lebih mudah dihadapi dan segera diakhiri," kata Airlangga saat melepas pengiriman bantuan untuk India bulan Mei lalu.

Airlangga mengatakan selama ini India juga telah banyak membantu Indonesia dalam memenuhi suplai vaksin AstraZeneca yang diproduksi di negara tersebut melalui fasilitas multilateral COVAX.

Baru-baru ini, India telah mengirimkan kapal Angkatan Laut miliknya (INS) ke Indonesia. Kapal INS tersebut memuat 300 konsentrator oksigen dan 100 metrik ton oksigen liquid untuk Indonesia.

Bantuan tersebut adalah kali pertamanya India mengirimkan bantuan medis ke luar negeri setelah mulai pulih dari gelombang kedua Covid-19 yang terjadi pada April hingga Mei lalu.

Diketahui, kapal tersebut telah berangkat pada 16 Juli, namun mengalami keterlambatan.

Kendati demikian, Menteri Luar Negeri India, S. Jaishankar mengungkapkan bahwa kapal tersebut akan segera tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Update, ada keterlambatan kedatangan INS Airawat mencapai Tanjung Priok, Indonesia, membawa 300 oksigen konsentrator & 100 MT Liquid Medical Oxygen dari India," cuitnya.

"India berdiri bersama mitranya dalam perang melawan Covid," lanjutnya dikutip dari akun Twitter @DrSJaishankar pada Selasa, 20 Juli 2021.

Sumber: Liputan6.com [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini