6 Sopir angkot jadi tersangka perusakan Avanza di Bandung, 6 buron

Jumat, 10 Maret 2017 11:23 Reporter : Andrian Salam Wiyono
6 Sopir angkot jadi tersangka perusakan Avanza di Bandung, 6 buron avanza dirusak. ©2017 Merdeka.com/andrian salam wiyono

Merdeka.com - Polisi menetapkan enam sopir angkot sebagai tersangka terkait perusakan mobil Avanza nopol D 1167 UF, di Jalan BKR, Kota Bandung. Sedangkan enam lainnya sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buron.

"Kita terus lakukan pencarian. Karena pelaku kurang lebih 11-12 orang. Sekarang enam orang yang sudah diamankan," kata Kapolrestabes Kombes Pol Hendro Pandowo, di Mapolrestabes Bandung, Jumat (10/3).

Dia mengatakan, enam orang ini ditangkap lima jam usai peristiwa anarkis yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, Kamis (9/3). Para pelaku ini hendak bertolak ke depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, untuk melakukan aksi selanjutnya demo menolak keberadaan taksi online yang seliweran di Kota Bandung.

Namun di perempatan Jalan BKR - Jalan Sriwijaya (di depan Kantor Asuransi ABDA), rombongan ini berpapasan dengan Avanza yang dikendarai Eggy Muhammad (29). Avanza silver itu disangka angkutan online yang mengangkut penumpang. Di situlah pelaku bertindak anarkis. Mobil Avanza mengalami kerusakan bagian depan belakang dan samping.

Korban yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan akhirnya melapor ke Polsekta Regol, Kota Bandung. Laporan itu langsung ditindaklanjuti dengan memburu para pelaku. "Semua pelaku adalah sopir (angkot jurusan Bumi Asri - Ciroyom). Mereka ditangkap berturut-turut dan tempat berbeda," ujarnya.

Hasil pemeriksaan pada tersangka ini mereka ikut berperan pada perusakan mobil. "‎Ada yang goyang mobil, pukul mobil dengan batu. Mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatan secara hukum," imbuhnya.

Tersangka ini dijerat Pasal 170 KUHPidana tentang penganiayaan. Adapun ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara. Sebelumnya polisi mengamankan tujuh pelaku, hanya saja satu orang dinilai tidak terbukti melakukan tindak pidana pengrusakan. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini