5 Sunnah yang sebaiknya dilakukan sebelum salat Ied

Rabu, 6 Juli 2016 05:04 Reporter : Adriana Megawati
5 Sunnah yang sebaiknya dilakukan sebelum salat Ied Idul Fitri. Reuters

Merdeka.com - Tak lama lagi umat Islam akan bergembira dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijirah. Berbagai persiapan pun tengah banyak dipersiapkan oleh kaum muslim untuk menyambut hari kemenangan tersebut.

Saat hari raya tiba, hal utama yang akan dilakukan adalah salat Ied. Namun, sebelumnya dianjurkan melaksanakan beberapa sunah terlebih dulu.

Berikut beberapa sunah-sunah yang sebaiknya dilakukan sebelum salat Ied dihimpun merdeka.com :

1. Mandi terlebih dahulu sebelum salat Ied

Sebelum melaksanakan salat ied, hendaknya kita mandi terlebih dahulu. Karena untuk membersihkan diri dari segala kotoran yang menempel pada diri kita. Selain itu Hari Raya Idul Fitri adalah hari berkumpulnya para kaum muslimin untuk melaksanakan salat, sehingga di sunnahkan untuk mandi sebagaimana hari Jumat.

2. Disunanahkan memakai minyak wangi

Sebelum berangkat salat Ied sebaiknya memakai wangi-wangian terlebih dahulu. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya hari ini adalah hari Ied yang telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk orang-orang Islam, maka barang siapa yang mendatangi Jumat hendaknya ia mandi, jika ia memiliki minyak wangi maka hendaknya ia mengolesinya, dan hendaknya kalian semua bersiwak (gosok gigi)". (HR Ibnu Majah).

3. Mengenakan pakaian yang paling bagus, bukan yang paling baru

Hendaknya kaum muslimin pada saat salat Ied menggunakan pakaian paling bagus dan pantas saat akan menjalankan salat Ied. Hal ini bukan berarti harus menggunakan pakaian yang paling baru.

4. Disunahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum salat Ied

Sebelum melaksanakan salat Ied, sebaiknya kaum muslimin dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Untuk membatalkan puasa selama sebulan, dianjurkan untuk makan-makanan ringan seperti kurma dan lebih utama jika pada jumlah yang ganjil.

Diriwayatkan dari Buraidah ra, "Rasulullah SAW tidak keluar pada hari Idul Fitri dan makan pada hari tersebut, dan tidak makan pada hari Iedul Adha sehingga beliau menyembelih qurban" (HR Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

5. Bertakbir ketika akan berangkat salat Ied

Dianjurkan para kaum muslimin untuk mengucapkan kata takbir di hari terakhir puasa hingga sebelum melaksanakan salat ied. Nabi Muhammad SAW selalu mengumandangkan takbir hingga tiba di lokasi pelaksanaan salat Ied, bahkan sampai akan dilaksanakan salat. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini