44 Mantan Pegawai KPK Jalani Uji Kompetensi ASN Polri

Selasa, 7 Desember 2021 13:02 Reporter : Iqbal Fadil
44 Mantan Pegawai KPK Jalani Uji Kompetensi ASN Polri Novel Baswedan Bersama Mantan Pegawai KPK. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Sebanyak 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalani uji kompetensi usai menerima tawaran sebagai aparatur sipil negara (ASN) Polri. Uji kompetensi dilaksanakan di Gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (7/12).

"Seleksi Kompetensi, jumlah 44 (pegawai KPK) sudah hadir 43 dan 1 lagi secara online," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Selasa (7/12).

Proses pengujian yang digelar di ruang CAT, Gedung TNCC untuk ke 43 pegawai, serta 1 lainnya mengikuti secara online. Artinya, uji kompetensi ini bukan untuk menilai lolos tidaknya, namun guna penyesuaian penempatan para pegawai.

"Hanya mapping sesuai kompetensi untuk ditempatkan pada ruang jabatan yang sudah disiapkan," jelasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo menyampaikan dirinya telah telah datang di Mabes Polri, bersama mantan Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan.

"Saya dan Pak Novel sudah hadir," kata Yudi saat dikonfirmasi terpisah.

Yudi mengapresiasi langkah Polri yang telah memberi kesempatan bagi para mantan pegawai KPK untuk bisa bergabung ke instansi tersebut. Termasuk, kemudahan bagi pegawai yang tak bisa datang secara langsung.

"Alhamdulillah Polri memudahkan juga bagi mantan pegawai KPK yang terkendala jarak, karena berada di luar kota di kampung halamannya," katanya.

"Namun ingin bergabung dengan Polri dalam memberantas korupsi diberikan kesempatan dilaksanakan secara online dan realtime saat ini bersama teman yang lain yang hadir di Mabes Polri," tambahnya.

Sebelumnya, Polri menyatakan bahwa 44 dari 57 mantan pegawai KPK bersedia menandatangani sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Korps Bhayangkara. Aturan perekrutan mantan pegawai KPK menjadi ASN itu tertuann Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021.

"Adapun hasil sosialisasi, yang mengisi surat perjanjian dan menyatakan bersedia menjadi ASN Polri sebanyak 44 orang. Yang tidak bersedia 8 orang dan menunggu konfirmasi 4 orang," kata Kabagpenum Div Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin (6/12).

Untuk kegiatan sosialisasi pengangkatan ASN Polri ini disebut Ramadhan dilakukan di lantai tiga gedung TNCC Mabes Polri. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB.

Penandatangan perekrutan Novel Baswedan Cs itu dihadiri Karodalpers SSDM Polri, Kabagkompeten Robinkar SSDM Polri, Kabaggassus Robinkar SSDM Polri, Kabagrimdik Rodalpers SSDM Polri dan Kasubbagseleksi Baggassus Robinkar SSDM. [lia]

Baca juga:
IM57+ Nilai Keputusan Novel Cs Jadi ASN Polri juga Bagian dari Perjuangan
ICW Minta Kapolri Bentuk Satgas Antikorupsi dan Diisi Eks KPK Novel Cs
Bakal Balik ke Polri, Novel Baswedan Akui Awalnya Pilihan Sulit
Fokus Mengajar, Eks Pegawai KPK Rasamala Aritonang Tak Ambil Tawaran Jadi ASN Polri
Novel Baswedan: Masalah Penyingkiran Pegawai KPK Bukan Berarti Selesai
Polri: 44 Mantan Pegawai KPK Setuju Jadi ASN, 8 Menolak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini