Wuling Almaz Jadi "Mobil Dinas" Menko Airlangga Hartarto di Cikarang

Senin, 8 Agustus 2022 15:31 Reporter : Syakur Usman
Wuling Almaz Jadi "Mobil Dinas" Menko Airlangga Hartarto di Cikarang Peresmian produksi perdana mobil listrik mini Wuling Air ev di Cikarang.. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto bertandang ke pabrik Wuling Motors di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada Senin pagi (8/8).

Ditemani Menteri Perindustrian Agus Kartasasmita, Menko Airlangga menghadiri acara seremoni produksi perdana mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia.

Tapi ada yang menarik setelah Menko Airlangga menggelar doorstop "singkat" dengan rekan media termasuk merdeka.com di pabrik Wuling Cikarang ini.

Setelah keluar dari tenda putih nan megah yang menjadi lokasi seremoni, panitia dari Wuling Motors menyiapkan mobil Wuling Almaz .

Menariknya, Wuling Almaz ini mengggunakan plat nomor RI 15 seperti yang kami saksikan di bagian belakang. Dengan plat RI 15 itu, jadilah Wuling Almaz RS sebagai "kendaraan dinas" baru Menko Perekonomian di Cikarang.

Tampaknya Wuling Almaz R 15 ini tugasnya hanya singkat. Bertugas mengantarkan Menko Airlangga ke tempat khusus yang disediakan untuk para tamu VIP usai seremoni. Di sana lah mobil dinas sebenarnya menko diparkir.

peresmian produksi perdana mobil listrik mini wuling air ev di cikarang
©2022 Merdeka.com

Sebelum mengikuti seremoni yang cukup megah itu, menko dan rombongan diajak melihat fasilitas produksi pabrik Wuling Cikarang ini. Tentu saja dijelaskan proses produksi Wuling Air ev dan teknologi yang diusungnya beserta proses perakitannya.

Rombongan media hanya menyaksikan aktivitas menko dan rombongan melalui layar monitor raksasa di lokasi acara seremoni.

"Saya apresiasi Wuling Motors dengan memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai di Cikarang, Bekasi. Sebab tidak minta macam-macam dan langsung kerja," kata Menko Airlangga yang disambut tepuk tangan membahana.

Wuling Motors akan memproduksi Wuling Air ev sebanyak 10.000 unit per tahun. Air ev merupakan mobil listrik mini dengan kapasitas 4 orang.

Mobil mini ini akan memiliki jarak tempuh 200-300 km bila kondisi baterai penuh. Harga jual sementara mulai Rp 250 juta.

Berukuran kompak laksana city car, pengisian daya baterainya bisa dilakukan di rumah meski golongan listrik pelanggan hanya 2.200 VA.

[sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini