Google Trends: Penelusuran Merek Mobil Listrik Naik 300 Persen, Hybrid 53 Persen

Selasa, 9 Agustus 2022 12:09 Reporter : Syakur Usman
Google Trends: Penelusuran Merek Mobil Listrik Naik 300 Persen, Hybrid 53 Persen data Google tentang penelusuran produk otomotif periode 2020-2021.. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Data Google Trends di Indonesia menunjukkan penelusuran terkait merek mobil yang memproduksi kendaraan listrik naik 300 persen periode 2020-2021.

Sedangkan penelusuran terkait kendaraan hybrid naik 53 persen di periode sama dan penelusuran untuk kata kunci terkait mobil listrik juga naik 60 persen di YouTube.

Konsumen menggunakan Google Search dan YouTube untuk memulai – dan menyelesaikan – perjalanan pembelian mereka.

Data Google itu juga menunjukkan beberapa hal:

1. Volume penelusuran untuk kendaraan listrik (EV) 30 persen lebih tinggi dibandingkan “SUV” dan “hatchback” periode Agustus 2021-Juli 2022.

2. Selama periode sama, penelusuran untuk “motor listrik” di YouTube naik 85 persen.

3. Secara umum, penelusuran terkait otomotif di Google naik 20 persen periode yang sama.

4. Penelusuran di YouTube untuk kreator konten yang berspesialisasi dalam konten otomotif naik 16 persen.

5. Penelusuran untuk “dealer terdekat” naik 43 persen selama periode yang sama.

“Kami melihat orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tapi kami juga melihat keinginan lebih besar untuk membelinya,” ujar Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst Google Indonesia, saat jumpa pers daring, Selasa (9/8).

Menurutnya, penelusuran untuk harga EV mencapai 35 persen daripada penelusuran terkait EV secara keseluruhan. Sementara 29 persen dari penelusuran terkait mobil hybrid adalah penelusuran untuk informasi harga.

“Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen baru ini, yang 90 persen masih mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online,” pungkas dia.

[sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini