Datsun Indonesia ogah pasarkan Redi-Go di 2017, kenapa?

Senin, 21 November 2016 15:30 Reporter : Syakur Usman
Datsun Indonesia ogah pasarkan Redi-Go di 2017, kenapa? Datsun Redi GO. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Datsun Indonesia baru memiliki dua model di pasar otomotif Indonesia. Keduanya adalah Datsun Go dan Go+, sejak Datsun memasuki pasar Indonesia pada 2014.

Di tahun depan, 2017, Datsun Indonesia memastikan akan menambah model baru. Apakah termasuk Redi-Go, yang sudah diluncurkan Datsun untuk pasar India pada April 2016?

Dijumpai Merdeka.com, beberapa waktu lalu. Christian Gandawinta, Head of Marketing Datsun Indonesia, mengaku hingga kini pihaknya belum ada rencana mendatangkan Datsun Redi-Go. Datsun Indonesia cenderung mendatangkan model mobil yang secara spesifikasi dan fitur cocok di Indonesia, seperti berkapasitas 7 penumpang.

"Apalagi Redi-Go hanya berkapasitas lima penumpang," kata Christian.

Datsun Redi GO ©2016 Merdeka.com

Datsun Redi-Go sudah komersial di pasar India sejak April lalu. Mobil kecil ini mengusung konsep 'urban crossover', yang dikembangkan lewat program Common Module Family (CMF-A), sebuah platform dari Renault-Nissan Alliance, yang juga dipakai di model Renault Kwid. Redi-Go mengusung mesin 0,8-liter tiga silinder dengan menghasilkan tenaga maksimum 53 hp. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan.

Menurut Christian, model baru Datsun Indonesia di 2017 dikembangkan dari model mobil konsep Go-Cross. Karena itu, mobil konsep Go-Cross dibawa dan perkenalkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show/Gaikindo pada Agustus lalu.

Datsun Go-Cross juga berkonsep crossover ketimbang mobil keluarga MPV tiga baris. Tapi berbeda dari Redi-Go, Datsun Go-Cross Concept berkapasitas 7 penumpang. Selain itu, model anyar ini akan menawarkan ground clearance lebih tinggi dan aerodynamic roof rack yang dipasang di atas atap bercat hitam menonjolkan tampilan petualang. Serta enonjolkan sisi kepraktisan mobil ini, yang didukung oleh kabin luas untuk tujuh orang penumpang.

Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per September 2016, total penjualan Datsun mencapai 25.522 unit. Memiliki lima varian, Datsun tipe Go+ High Transmisi Manual adalah varian yang paling laku dengan volume penjualan 16.452 unit. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Datsun
  2. Datsun GO
  3. Otomotif
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini