Begini komitmen Tata Motors di sektor spare parts dan service

Kamis, 9 Februari 2017 19:49 Reporter : Syakur Usman
Tata Motors Indonesia tingkatkan layanan suku cadang dan service. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pabrikan mobil niaga asal India, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), terus meningkatkan komitmennya di layanan spare parts (suku cadang) dengan menambah jumlah toko suku cadang. Hingga Maret 2017, jumlah toko yang menjual suku cadang mobil Tata ditargetkan naik menjadi 200 toko dari 160 toko yang tersebar di 110 kota di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Afri Warman, Spare Parts Manager TMDI, dalam Tata Motors Media Workshop di BSD City, Tangerang Selatan, kemarin (8/2).

Kata Afri, menambah jumlah toko yang menjual suku cadang Tata Motors di Indonesia merupakan komitmen perusahaan memberikan layanan suku cadang. Di sisi ini, Tata Motors Indonesia memiliki program yang dinamakan 'Dekat dan Ada'. Program ini memiliki tiga pilar, yakni ketersediaan di seluruh Indonesia, jaminan kualitas produk, dan harga paling ekonomis di kelasnya.

Selain toko fisik, Tata Motors Indonesia juga memiliki toko online seiring meningkatnya preferensi belanja online di Indonesia.

"Toko online kami ada di Tokopedia, namanya Tata Online Parts Shop/Tops. Kami menjamin harga jual suku cadangnya sama dengan harga di diler resmi," ujar Afri.

Layanan suku cadang ini juga didukung sistem pergudangan yang canggih di kawasan industri MM 2100, Cibitung, Jawa Barat. Saat ini gudang ini menampung dan mengelola sekitar 12.500 suku cadang untuk melayani seluruh Indonesia.

"Gudang kami didukung sistem canggih untuk menghindari salah kirim suku cadang ke diler atau konsumen," ucap dia.

Radityo KH, Service Manager TMDI, menambahkan dari sisi layanannya, Tata Motors Indonesia memberikan garansi hingga 3 tahun atau 100.000 kilometer untuk seluruh model, kecuali model tata Prima diberikan garansi 2 tahun atau 100.000 kilometer.

Tata Motors Indonesia tingkat layanan suku cadang dan service ©2017 Merdeka.com

Tak hanya itu, juga disediakan layanan gangguan di jalan atau road assistant 24 jam, yang didukung layanan call center 24 jam pula.

"Kami juga memberikan jaminan ketersediaan suku cadang selama satu hari atau 24 jam. Jika konsumen mendapatkannya lebih dari 24 jam, maka kami berikan gratis kepada konsumen," kata Radityo.

Untuk mendukung layanan ini, Tata Motors Indonesia memiliki 20 diler 3S (sales, service, dan spare parts), 75 bengkel tersertifikasi, dan 1.000 mekanik lokal.

Pada 2017, Tata Motors Indonesia, menargetkan penjualan tahun fiskal 2017-2018 naik 30 persen menjadi sekitar 1.300 unit dari 1.000 unit di tahun fiskal sebelumnya. Tata Motors Indonesia menggunakan tahun fiskal mulai April hingga Maret.

Tata Motors Indonesia tingkatkan layanan suku cadang dan service ©2017 Merdeka.com

[dzm]

Topik berita Terkait:
  1. Tata Motors
  2. Otomotif
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.