Tangan Dingin Lulusan SD Bangun Kerajaan Warteg

Jumat, 20 September 2019 07:04 Reporter : Angga Yudha Pratomo
Tangan Dingin Lulusan SD Bangun Kerajaan Warteg Pendiri Warteg Kharisma Bahari, Sayudi. ©2019 Merdeka.com/Muhammad Zul Atsari

Merdeka.com - Bersih dan terang benderang. Kesan itu muncul ketika melihat Warteg Kharisma Bahari berdiri di pinggir jalan. Ditambah ornamen warna hijau pada kusen dan menutup dinding memakai ubin putih, membuat rumah makan itu tampak berbeda dibanding pesaing di kelasnya.

Sang pemilik warteg, Sayudi, ingin memberikan nuansa berbeda bagi para pelanggan. Biasanya rumah makan tipe ini terlihat kotor dan terkesan tidak layak untuk menikmati makanan.

Ide mengutamakan membuat warteg terlihat bersih justru mendatangkan banyak rezeki. Para pelanggan merasa lebih nyaman. Jangan takut soal harga, Sayudi menawarkan harga bersaing dengan warteg lainnya.

"Dulu citra warteg itu kumuh, jadi saya coba mengubah citra kumuh itu menjadi warteg bersih. Makanya saya beri nama 'Kharisma'," ujar Sayudi kepada merdeka.com ketika berada di kantornya bilangan Cilandak, Senin pekan lalu.

Nama Warteg Kharisma Bahari bagi masyarakat yang tinggal di Jabodetabek, mungkin tidak asing lagi. Banyak lokasi strategis ditempati rumah makan itu. Ciri mereka biasanya memakai tembok berlapis ubin putih.

Istilah warteg merupakan singkatan dari warung Tegal. Memang kebanyakan penjual merupakan warga asli Tegal, Jawa Tengah. Tempat makan sederhana ini memang dikenal sebagai primadona bagi kelas menengah ke bawah untuk menikmati beragam makanan dengan harga relatif murah.

Menu ditawarkan persis masakan rumah. Biasanya berisi lauk pauk, beragam sayur rebus maupun tumis, daging ayam dan ikan hingga sambal.

Lebih kurang selama 25 tahun bisnis warteg sudah dirintis Sayudi. Keuletan membangun usaha makan selama ini bisa dikatakan sangat berhasil. Setidaknya sudah ada 300 gerai Warteg Kharisma Bahari sebagai bukti kesuksesan.

"Slogannya kami, siap me-warteg-kan Jabodetabek, siap me-warteg-kan Indonesia," tegas dia. Sejauh ini tempat makan miliknya paling jauh sudah berdiri di Bandung. Memang fokus Sayudi untuk memperbanyak Warteg Kharisma Bahari di sekitar Jakarta dan kota penyangganya.

Baca Selanjutnya: Pinjam Modal dari Mertua...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini