SPSS adalah Program Analisis Statistika, Pelajari Kegunaan Serta Sejarahnya

Kamis, 11 Februari 2021 11:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
SPSS adalah Program Analisis Statistika, Pelajari Kegunaan Serta Sejarahnya Ilustrasi buku. ©Shutterstock.com/Shai_Halud

Merdeka.com - SPSS adalah sebuah software pengolah data statistik atau yang digunakan untuk analisis statistik interaktif, atau batch. SPSS merupakan kepanjangan dari Statistical Package for the Social Sciences. SPSS memiliki tampilan yang user friendly dengan cara penggunaan yang mudah.

SPSS biasa digunakan untuk pengolahan dan menganalisis data yang memiliki kemampuan analisis statistik serta sistem manajemen data dengan lingkungan grafis. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk ilmu sosial saja, namun perkembangan berikutnya digunakan untuk berbagai disiplin ilmu.

SPSS juga digunakan oleh peneliti pasar, kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya. Selain analisis statistik, manajemen data (seleksi kasus, penajaman file, pembuatan data turunan) dan dokumentasi data juga merupakan fitur-fitur dari software dasar SPSS.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai apa itu SPSS, dikutip dari buku Panduan Praktis Praktikum SPSS Universitas Medan Area dan Modul Pembelajaran SPPS oleh Kemdikbud.

Baca Selanjutnya: Sejarah SPSS...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini