Peristiwa 14 Januari: Tragedi Gempa Bumi di Jamaika dan Penemuan Alat Musik Klarinet

Kamis, 14 Januari 2021 05:50 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
Peristiwa 14 Januari: Tragedi Gempa Bumi di Jamaika dan Penemuan Alat Musik Klarinet Ilustrasi gempa bumi. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Tepat pada 14 Januari silam, sederet peristiwa telah terjadi di dunia ini, baik yang merupakan bencana alam ataupun evolusi atau suatu penemuan yang telah mengubah dunia. Salah satu kejadian pada 14 Januari 1907 adalah bencana alam dahsyat yang terjadi di Jamaika, tepatnya di Kota Kingston.

Gempa berkekuatan 6,5 skala richter telah mengguncang kota tersebut. Hiruk pikuk pun tiba-tiba terjadi di mana-mana. Para warga berhamburan dan berteriak, ditambah lagi dengan suara bergemuruh kereta yang ada di dalam terowongan yang sedang berguncang. Demikian kiranya situasi pada saat itu, yang dilansir dari Old.Jamaica-Gleaner.

Menurut cerita saksi mata, Sir Frederick Treves dan W Ralph Hall Caine, saat kejadian dinding bangunan batu bata seperti menggembung dan kemudian runtuh. Atap terlempar ke udara, tiang-tiang telegraf bergoyang bak dedaunan tersapu angin.

Orang-orang di sekitar seperti diangkat dan dilempar. Kabut tebal agak kekuningan terlihat menyelimuti kota. Berikut rangkum peristiwa 14 Januari dilansir dari Liputan6.

Baca Selanjutnya: Peristiwa Gempa yang Menelan Banyak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini