Niat Zakat Mal Beserta Hikmah Tujuan dan Manfaatnya, Umat Islam Wajib Tahu

Sabtu, 17 April 2021 13:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
Niat Zakat Mal Beserta Hikmah Tujuan dan Manfaatnya, Umat Islam Wajib Tahu Badan Amil Zakat Nasional. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Dalam ajaran lslam, dikenal beberapa bentuk kewajiban bagi pemeluknya yang disebut dengan ibadah. Ibadah terdiri dari ibadah ruhiyah, badaniyah dan ma'liyah.

Ibadah ruhiyah adalah ibadah yang mengutamakan kesadaran ruh atau jiwa orang yang bersangkutan, karena dengan kesadarannya itu akan memengaruhi ibadah-ibadah lainnya. Contohnya adalah mengucap dua kalimat syahadat.

Ibadah badaniah adalah ibadah yang mengutamakan peranan fisik atau jasmani, seperti misalnya salat lima waktu, berpuasa, dan naik haji. Sementara, ibadah ma'liyah adalah ibadah harta kekayaan yang dimiliki seseorang. Termasuk dalam ibadah ini adalah amalan zakat. Pada artikel ini, akan dibahas secara lebih rinci mengenai ibadah amalan zakat, terutama zakat mal.

Zakat mal adalah zakat yang wajib diberikan karna menyimpan (memiliki) harta (uang, emas, dsb) yang cukup syarat-syaratnya. Masing-masing golongan harta kekayaannya ini berbeda nisab yakni jumlah minimum harta kekayaan yang wajib dikeluarkan zakatnya, haul yaitu jangka waktu yang ditentukan bila seseorang wajib mengeluarkan zakat hartanya, dan qadar zakatnya yakni ukuran besarnya zakat harta yang harus dikeluarkan.

Berikut uraian selengkapnya.

Baca Selanjutnya: Pengertian Zakat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini