Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki yang Ampuh dan Efektif, Lakukan Hal Ini

Jumat, 1 Juli 2022 15:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki yang Ampuh dan Efektif, Lakukan Hal Ini Ilustrasi asam urat. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Elena Vasilchenko

Merdeka.com - Terdapat beberapa cara mengobati asam urat pada kaki yang ampuh dan efektif untuk Anda coba. Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada anggota tubuh yang terkena.

Asam urat umumnya menyerang bagian kaki seperti jari, pergelangan, dan lutut. Asam urat dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri.Rasa sakit yang tiba-tiba dan intens yang disebut serangan asam urat, dapat membuat kaki terasa seperti terbakar.

Meski belum ada obat untuk menyembuhkan asam urat secara 100%, Anda tak perlu khawatir. Karena, sudah ada beberapa cara mengobati asam urat pada kaki yang bisa Anda lakukan misalnya dengan membuat perubahan pola makan dan beberapa gaya hidup.

Berikut uraian selengkapnya mengenai apa saja cara mengobati asam urat pada kaki yang ampuh dan efektif tersebut, dilansir dari medicalnewstoday.com.

2 dari 3 halaman

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengobati asam urat pada kaki yang pertama adalah dengan memperbanyak asupan air putih. Ketika Anda menderita asam urat, Anda dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi gejala adalah dengan minum lebih banyak air.

Meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal untuk melepaskan kelebihan cairan, yang pada akhirnya akan mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat. Air putih adalah pilihan utama yang paling baik. Namun, cairan bening lainnya, seperti kaldu dan teh herbal, juga merupakan pilihan yang bisa Anda konsumsi.

2. Kompres Es Batu

Cara mengobati asam urat pada kaki yang kedua adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Menerapkan kompres es yang dilapisi kain ke kaki dapat membantu mengurangi peradangan. Cobalah untuk menempelkan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk tipis selama 20-30 menit untuk membantu meredakan rasa sakit.

3. Kurangi Stres

Cara mengobati asam urat pada kaki yang ketiga adalah dengan mengurangi stres. Stres yang meningkat dapat memperburuk gejala asam urat. Meskipun tidak selalu mungkin untuk menghilangkan semua sumber stres, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu menekannya, seperti berolahraga jika rasa sakit tidak membatasi gerakan, cuti dari pekerjaan, atau bermeditasi. Istirahat yang cukup juga dapat membantu Anda mengurangi stres.

4. Taruh Kaki pada Tempat Tinggi

Cara mengobati asam urat pada kaki yang ke empat adalah dengan menempatkannya pada bantalan atau area yang lebih tinggi. Asam urat dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak, terutama pada kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki.

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan mengangkat sendi yang terkena ke tempat yang lebih tinggi untuk mendorong darah dan cairan agar menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara mengobati asam urat pada kaki yang kelima adalah dengan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas di apotik. Meskipun obat-obatan antiinflamasi yang dijual bebas (OTC), seperti ibuprofen (Advil) dan naproxen sodium (Aleve) bukanlah pilihan yang “alami”, obat-obatan ini merupakan pilihan yang baik untuk mengobati rasa sakit dan peradangan akibat asam urat.

Meski demikian, Anda tidak boleh mengonsumsi obat-obatan ini lebih dari dosis yang dianjurkan. Tanyakan selalu kepada dokter atau petugas apotik sebelum mengonsumsinya. Jika obat penghilang rasa sakit OTC tidak membantu, ada baiknya Anda mencari pengobatan dari dokter profesional agar diberi resep yang lebih tepat.

3 dari 3 halaman

6. Konsumsi Kopi

Cara mengobati asam urat pada kaki yang ke enam adalah dengan mengonsumsi kopi. Diketahui bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko mengalami asam urat. Sebuah tinjauan dan meta-analisis pada tahun 2016 menunjukkan bahwa orang-orang yang minum lebih banyak kopi cenderung tidak mengalami asam urat. Ini dikarenakan kopi dapat menurunkan kadar asam urat.

Analisis lebih lanjut pada tahun 2019 melaporkan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko asam urat, dan dapat melakukan ini secara independen dari menurunkan kadar asam urat serum. Namun, hanya karena penelitian menunjukkan korelasi antara konsumsi kopi yang lebih tinggi dan risiko asam urat yang lebih rendah, ini tidak berarti bahwa kopi menyebabkan risiko yang lebih rendah.

7. Konsumsi Makanan Seimbang

Cara mengobati asam urat pada kaki yang ke tujuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang. Diet seimbang yang mengandung berbagai makanan padat nutrisi yang diproses secara minimal. Ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Diet nabati dapat memberikan manfaat khusus bagi penderita asam urat. Banyak buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan.

8. Konsumsi Air Lemon

Cara mengobati asam urat pada kaki yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air lemon. Studi menemukan bahwa meminum air lemon setiap hari dapat membantu mengurangi asam urat. Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadarnya.

9. Batasi Asupan Alkohol

Cara mengobati asam urat yang berikutnya adalah dengan membatasi asupan alkohol. Menurut Arthritis Foundation, minum lebih dari dua minuman berbasis alkohol atau dua bir per hari meningkatkan risiko asam urat seseorang. Bir tinggi akan purin, jadi lebih baik untuk menghindarinya terutama jika Anda adalah seorang penderita asam urat.

10. Hindari Makanan Tinggi Purin

Cara mengobati asam urat pada kaki yang terakhir adalah dengan menghindari makanan tinggi purin. Beberapa daging mengandung purin dalam jumlah tinggi. Menghindari konsumsinya dapat membantu mengurangi gejala asam urat.

Daging dan ikan yang tinggi purin antara lain daging babi asap, daging kalkun, daging sapi muda, daging rusa, daging organ seperti hati, teri, ikan sarden, kerang, ikan haring, ikan kod, dan ikan trout.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini