Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mengatasi Kulit Kepala Berminyak, Ketahui Akar Permasalahannya

Cara Mengatasi Kulit Kepala Berminyak, Ketahui Akar Permasalahannya Ilustrasi rambut berminyak. ©Shutterstock.com/ Sheftsoff

Merdeka.com - Penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi kulit kepala berminyak dan mencari penyebab intinya. Masalah kulit kepala dan rambut adalah masalah yang umum dihadapi oleh banyak orang. Terlebih dengan adanya polusi, stres, perawatan kimia, dan gaya hidup yang kurang sehat.

Oleh sebab itu, rambut rontok, penipisan, dan kulit kepala berminyak adalah beberapa masalah yang benar-benar tak terhindarkan dan harus dihadapi secara tuntas. Kulit kepala berminyak pada gilirannya dapat menyebabkan rasa gatal yang tidak nyaman, ketombe, dan ribuan masalah lainnya.

Tak hanya itu, kulit kepala berminyak juga menghasilkan kerentanan terhadap infeksi dan juga rambut rontok. Sehingga, sangat penting untuk merawat kulit kepala Anda dengan benar agar tak ada lagi masalah rambut yang menghampiri.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit kepala berminyak yang dapat Anda ikuti.

Penyebab Kulit Kepala Berminyak

Sebelum mengetahui apa saja cara mengatasi kulit kepala berminyak, ada baiknya Anda juga tahu apa saja yang dapat menjadi penyebabnya. 

1. Gen

Perhatikan apakah anggota keluarga Anda juga mengalami masalah kulit kepala berminyak. Sebab, jika seseorang di keluarga dekat Anda memiliki kulit kepala yang sangat berminyak, kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya.

2. Stres

Stres memiliki hubungan yang kuat dengan kulit kepala berminyak. Ini karena stres menyebabkan kelenjar sebaceous bekerja keras dan menghasilkan lebih banyak minyak.

3. Kurangnya kebersihan pribadi

Jika Anda adalah orang yang malas keramas, tidur dengan sprei dan sarung bantal yang kotor, menggunakan peralatan rambut yang tidak dicuci secara teratur, maka ini semua bisa menjadi faktor penyebab kulit kepala berminyak.

4. Fluktuasi hormon

Jika Anda sedang mengalami masalah hormonal dan menstruasi yang tidak teratur, itu bisa menjadi alasan lain mengapa Anda memiliki kulit kepala yang terlalu berminyak.

5. Infeksi kulit kepala

Memiliki infeksi kulit kepala seperti kutu, jamur atau bakteri adalah penyebab selanjutnya dari kulit kepala berminyak.

6. Diet tidak sehat

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, berminyak dan makanan pedas, yang umumnya kurang dalam nilai gizi tidak memberikan nutrisi penting untuk rambut Anda, yang menyebabkan kulit kepala berminyak dan masalah terkait rambut lainnya.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

Terdapat beberapa cara mengatasi kulit kepala berminyak yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti di bawah ini;

1. Minyak ikan

Ada beberapa bukti anekdot yang menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat membantu mengatasi munculnya ketombe, yang berkontribusi pada penyebab kulit kepala berminyak. Anda bisa mengonsumsi minyak ikan sebagai suplemen sebagai cara mengatasi kulit kepala berminyak dari dalam.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan lain yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kepala berminyak. Lidah buaya juga merupakan agen yang membantu mengontrol peradangan yang menyebabkan flare-up.

3. Probiotik

Probiotik adalah suplemen lain yang digunakan untuk mengurangi peradangan tubuh, yang dapat mengendalikan munculnya ketombe dan kulit kepala berminyak. Meski bukti ilmiah yang mendukung probiotik sebagai sumber perawatan kulit kepala berminyak belum masif, namun cara ini patut dicoba!

4. Tea tree oil

Tea tree oil adalah antiseptik alami yang dapat mengontrol penumpukan jamur dan bakteri yang menyebabkan jerawat dan kondisi kulit. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengencerkan minyak ini dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak zaitun dan menggunakannya beberapa tetes pada kulit kepala.

5. Cuka sari apel

Cuka alami ditengarai sebagai obat anti-inflamasi yang efektif untuk membantu mengurangi produksi minyak dan mengendalikan peradangan kulit. Jika Anda ingin mencoba cuka sari apel, tambahkan beberapa tetes ke kulit kepala setelah keramas, biarkan selama beberapa menit, dan bilas hingga bersih.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Berminyak Lainnya

1. Sering keramas

Ya, cara mengatasi kulit kepala berminyak yang paling ampuh adalah dengan meningkatkan intensitas keramas Ansa. Jika Anda memiliki rambut yang sangat berminyak, Anda perlu mencuci rambut lebih sering.

Idealnya, keramas dilakukan 3 kali seminggu. Namun jika kulit kepala Anda memproduksi terlalu banyak minyak dan keseimbangannya tidak pulih, Anda mungkin perlu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dengan cara keramas setiap hari atau dua hari sekali.

2. Keramasi rambut dengan benar

Cara mengatasi kulit kepala berminyak yang selanjutnya adalah dengan mempraktikkan tekni keramas yang benar. Cara keramas yang salah dapat merusak rambut dan menyebabkan kulit kepala berminyak.

Untuk keramas dengan benar, usapkan sedikit sampo ke akar saja. Jangan gunakan kuku Anda untuk menciptakan gesekan atau garukan. Terlalu banyak menggosok secara agresif dapat mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan produksi minyak berlebih.

Fokus pada kulit kepala dan bukan ujungnya. Cuci kulit kepala Anda dan jangan gunakan sampo sampai ujung dan biarkan sampo mengalir melalui ujung rambut selama proses pembilasan.

3. Jangan gunakan kondisioner pada kulit kepala

Tidak masalah apakah Anda memiliki kulit kepala berminyak atau kering, namum mengoleskan kondisioner pada kulit kepala adalah hal yang harus dihindari!

Itu karena kondisioner dapat membuat kulit kepala berminyak, meningkatkan rambut rontok dan pertumbuhan bakteri. Gunakan kondisioner hanya pada batang atau ujung rambut saja.

(mdk/edl)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rusak Akibat Sinar Matahari, Yuk Kembalikan Kilau Indahnya!
7 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rusak Akibat Sinar Matahari, Yuk Kembalikan Kilau Indahnya!

Cara mengatasi rambut kering dan rusak akibat sinar matahari ternyata praktis, lho!

Baca Selengkapnya
7 Tips Perawatan Rambut Kering dan Kusam, Lakukan Hal Ini
7 Tips Perawatan Rambut Kering dan Kusam, Lakukan Hal Ini

Kondisi rambut dapat memengaruhi tampilan secara keseluruhan, sehingga penting untuk menjaganya.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala, Lakukan Hal Ini
Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala, Lakukan Hal Ini

Jerawat di kulit kepala dapat terasa gatal, kadang juga bisa meradang dan menyebabkan nyeri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Menebalkan Rambut Dengan Bahan Alami, Ini Tips dan Trik Sederhana
Menebalkan Rambut Dengan Bahan Alami, Ini Tips dan Trik Sederhana

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menebalkan rambut. Mulailah dengan mengidentifikasi jenis rambut Anda, lalu pilihlah produk perawatan & bahan alami

Baca Selengkapnya
Penyebab Rambut Kusam dan Kering, Ketahui Cara Mengatasinya
Penyebab Rambut Kusam dan Kering, Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut kusam dan kering tampak kusut dan tidak sehat.

Baca Selengkapnya
8 Cara Mengatasi Kulit Belang dengan Efektif, Lakukan Hal Ini
8 Cara Mengatasi Kulit Belang dengan Efektif, Lakukan Hal Ini

Kulit belang dapat muncul sebagai bercak, noda, atau flek pada wajah, leher, tangan, atau area tubuh lainnya.

Baca Selengkapnya
12 Cara Menghilangkan Bulu Kaki dengan Aman dan Efektif
12 Cara Menghilangkan Bulu Kaki dengan Aman dan Efektif

Menghilangkan bulu kaki merupakan salah satu perawatan kecantikan yang sering dilakukan.

Baca Selengkapnya
Tips Mengencangkan Kulit yang Bisa Dilakukan sambil Berolahraga
Tips Mengencangkan Kulit yang Bisa Dilakukan sambil Berolahraga

Mengencangkan kulit mungkin dilakukan pada saat seseorang sedang berolahraga. Ketahui cara tepat melakukannya.

Baca Selengkapnya
9 Tips Ampuh Bikin Rambut jadi Lebih Halus dan Berkilau, Salah Satunya Hindari Keramas dengan Air Panas
9 Tips Ampuh Bikin Rambut jadi Lebih Halus dan Berkilau, Salah Satunya Hindari Keramas dengan Air Panas

Setiap orang ingin memiliki rambut yang sehat dan halus. Namun hal tersebut bisa menjadi tantangan bagi banyak orang karena beberapa kebiasaan yang dilakukan.

Baca Selengkapnya