Cara Memelihara Kelinci di Rumah Dengan Benar Agar Tak Cepat Mati

Jumat, 3 Juli 2020 12:15 Reporter : Edelweis Lararenjana
Cara Memelihara Kelinci di Rumah Dengan Benar Agar Tak Cepat Mati Ilustrasi kelinci. ©2014 Merdeka.com/www.fanpop.com

Merdeka.com - Memiliki hewan peliharaan di rumah diketahui dapat membantu menghilangkan stres. Hewan peliharaan dapat menjadi penghibur di kala penat dengan segala tingkah lucu dan tidak terduganya. Terdapat beberapa jenis hewan yang umum dijadikan hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci, hamster, burung dan ikan.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara memelihara kelinci di rumah dengan baik dan benar. Tidak seperti anjing, kucing, burung atau ikan, memelihara kelinci diketahui agak lebih rumit dan membutuhkan pengetahuan khusus. Kelinci lebih mudah mati ketika di pelihara apabila Anda salah menanganinya.

Pada umumnya, umur kelinci mencapai 5 hingga 10 tahun bahkan bisa lebih. Namun, kelinci memiliki kebutuhan khusus agar bisa menjalani masa hidup yang panjang, bahagia dan sehat. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips atau cara memelihara kelinci di rumah dengan baik dan benar yang telah dilansir dari liputan6.com.

2 dari 6 halaman

1. Siapkan Kandang yang Tepat

Cara memelihara kelinci di rumah yang harus Anda lakukan pertama adalah memilih dan menyiapkan jenis kandang yang tepat agar kelinci dapat merasa nyaman dan aman. Penempatan kandang kelinci yang benar adalah di dalam ruangan, bukan di luar seperti di halaman. Kelinci peliharaan berbeda dengan kelinci liar. Kelinci domestik diketahui tidak bisa mentolerir suhu ekstrem dengan baik, terutama di bulan-bulan musim panas.

Terlebih, kelinci peliharaan mudah merasa stres dan tertekan apabila ia merasa tidak aman. Hanya dengan melihat atau mendengar suara binatang buas di dekatnya, dapat menyebabkan kelinci begitu tertekan dan stres hingga mengalami serangan jantung lalu mati ketakutan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa kelinci membutuhkan ruang gerak yang luas. Kandang kelinci harus berukuran minimal lima kali dari ukuran kelinci. Kelinci harus bisa benar-benar berbaring dan berdiri tanpa menabrakkan kepalanya dengan bagian atas kandang.

Anda juga harus melapisi bagian bawah kandang kelinci dengan kardus atau terpal alas lainnya. Jangan lupa untuk membuatkan "kamar" di dalam kandang sebagai tempat persembunyian kelinci. Kelinci yang hidup di kandang harus rutin dikeluarkan minimal beberapa jam setiap harinya, untuk melemaskan badan dan berolahraga seperti berlarian, meloncat, dan mengeksplorasi ruang terbuka tanpa terbatas dinding-dinding kandang.

3 dari 6 halaman

2. Siapkan Litter Box

Cara memelihara kelinci di rumah yang harus Anda lakukan kedua dengan menyiapkan litter box atau kotak untuk buang air kelinci. Sama halnya dengan memelihara kucing, jangan lupa untuk menyiapkan tempat buang air bagi kelinci. Kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air kecil dan besar di satu area.

Untuk itu, Anda bisa menyiapkan litter box berukuran sedang atau besar di dalam kandanganya. Jika kelinci peliharaan Anda terbiasa berkeliaran di dalam dan sekitaran rumah, siapkan juga beberapa litter box di sana.

4 dari 6 halaman

3. Perhatikan Asupan Makanan

Cara memelihara kelinci di rumah yang harus Anda lakukan ketiga dengan memperhatikan asupan makanannya. Makanan kelici harus diberikan secara seimbang. Kelinci diketahui memiliki sistem pencernaan yang kompleks.

Banyak masalah kesehatan pada kelinci disebabkan oleh makanan yang tidak sesuai dengan fisiologi pencernaannya. Berikut beberapa makanan utama dan camilan kelinci yang harus Anda persiapkan:

Makanan Utama Kelinci

  • Rumput jerami: dapat membantu sistem pencernaan dan sebagai asupan serat yang diperlukan kelinci guna mencegah masalah kesehatan seperti bola rambut, diare, dan obesitas.
  • Sayuran: pilih yang berdaun hijau gelap seperti daun selada, peterseli, daun ketumbar dan sejenisnya.

Makanan Camilan Kelinci

  • Buah: mungkin Anda mengira camilan yang paling disukai kelinci adalah wortel. Dan hal ini banyak benarnya. Namun wortel adalah sayuran bertepung yang sebaiknya hanya diberikan kadang-kadang sebagai hadiah. Selebihnya, berikan kelinci apel (tanpa batang atau biji), blueberry, pepaya, stroberi, pir, persik, prem, atau melon.
  • Pelet: pelet sebaiknya digunakan sebagai suplemen untuk sayuran hijau tua, bukan sebagai pengganti atau makanan utama. Pelet juga hanya boleh diberikan dalam jumlah kecil (1/8 -1/4 cangkir per lima pon berat badan per hari, disebarkan selama dua kali pemberian makan setiap hari). Belikan pelet berbasis Timotius.
5 dari 6 halaman

4. Perhatikan Jenis Makanan yang Harus Dihindari

Cara memelihara kelinci di rumah yang harus Anda lakukan keempat adalah memperhatikan jenis-jenis makanan yang harus dihindari oleh kelinci. Hal ini karena kelinci memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Jenis makanan yang harus di hindari adalah tomat, kol, jagung, kacang-kacangan, kacang polong, kentang, bit, bawang merah, kelembak, bambu dan biji-bijian.

Anda juga dilarang memberikan cokelat, permen, dan makanan apa pun yang berjamur pada kelinci. Pastikan juga kelinci jauh dari benda-benda beracun seperti insektisida, rodentisida, dan bahan pembersih. Perlu diingat bahwa lidah buaya, azalea, calla lily, lily of the valley, philodendron, dan berbagai macam umbi tanaman adalah makanan yang dapat beracun bagi kelinci.

6 dari 6 halaman

5. Perhatikan Cara Memegang Kelinci yang Benar

Cara memelihara kelinci di rumah yang harus Anda lakukan kelima adalah memperhatikan dan mempraktikkan bagaimana cara memegang dan mengangkat kelinci dengan benar. Kelinci termasuk hewan yang rapuh, sehingga harus dipegang dengan hati-hati. Karena, jika tidak dipegang dengan baik, kelinci dapat memberontak dan berakibat pada patah tulang.

Hindari menggendong kelinci dengan memegang telinganya. Cara yang benar adalah letakkan satu tangan di bawah bagian depan kelinci dan tangan lainnya di bawah punggung. Angkat dengan hati-hati dan rapatkan ke tubuh Anda. Jangan pernah membiarkan tubuh kelinci menggantung bebas.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini