12 Jenis Makanan Tinggi Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh, Tingkatkan Asupannya

Sabtu, 12 Desember 2020 08:01 Reporter : Edelweis Lararenjana
12 Jenis Makanan Tinggi Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh, Tingkatkan Asupannya Karbohidrat. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Karbohidrat adalah komponen nutrisi yang sering disalahkan sebagai penyebab epidemi obesitas dewasa ini. Padahal, tidak semua karbohidrat diciptakan secara sama. Malahan, karbohidrat adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh, bersama dengan protein dan lemak. Karbohidrat penting tidak hanya untuk bertahan hidup dan membuat tubuh berfungsi dengan baik, tetapi juga untuk berkembang.

Meskipun karbohidrat olahan yang diproses pada umumnya hanya menawarkan sedikit atau bahkan tidak ada nilai gizi, sumber karbohidrat dari makanan yang tidak diproses dan utuh biasanya bergizi dan sangat menyehatkan. Meskipun diet rendah karbohidrat dapat bermanfaat bagi sebagian orang, Anda tidak harus menghindari semua makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Makanan cepat saji olahan yang tinggi gula dan biji-bijian olahan jelas tidak sehat dan berpotensi menggemukkan. Sementara, makanan kaya serat yang utuh tentu menyehatkan. Mengutip Medical News Today, berikut ini adalah daftar dari beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat Anda konsumsi.

Baca Selanjutnya: Jenis Makanan Tinggi Karbohidrat: Sayur...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini