8 Cara Mempercepat Koneksi Internet, Ampuh dan Anti Buffering

Selasa, 7 April 2020 15:16 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
8 Cara Mempercepat Koneksi Internet, Ampuh dan Anti Buffering koneksi internet. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Internet saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam dunia kehidupan sehari-hari. Internet sudah bisa diakses oleh manusia di semua sudut di dunia.

Dengan adanya internet, anda bisa melihat perkembangan dunia dengan cepat dan nyaman tanpa harus datang keluar negeri. Oleh karena itu, koneksi internet yang lancar sudah menjadi kewajiban untuk era saat ini.

Kecepatan koneksi internet merupakan hal paling utama dan paling penting dalam internet. Apalagi ketika browsing ataupun sedang menonton video streaming akan lebih menyenangkan bila aktivitas tersebut dilakukan di rumah atau dilakukan dalam kamar sendiri dengan pc atau laptop.

Bagi sebagian orang, pc ataupun laptop akan terasa lebih nyaman jika dibandingkan dengan pergi ke warnet. Namun, akan lebih menjengkelkan ketika sedang berselancar di internet dengan pc ataupun laptop, lalu tiba-tiba browser atau peramban menjadi lamban dalam bekerja.

Entah karena memang jaringan yang sedang error atau bisa saja ada terjadi kesalahan dalam setting-an pc atau laptop anda. Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut kami rangkum 8 cara mempercepat koneksi internet, yang dilansir dari Liputan6.com

1 dari 8 halaman

1. Periksa dan Bersihkan Website yang Dikunjungi

Cara mempercepat koneksi internet yang ampuh dan anti buffering yang pertama adalah dengan memeriksa website yang dikunjungi. Pada umumnya, sebuah browser akan menyimpan cookies, cache dan history.

koneksi internet

2020 Merdeka.com

Ketiganya merupakan informasi seputar website yang dikunjungi sampai dengan password yang disimpan untuk masuk ke suatu situs.

Untuk itu disarankan bagi anda agar rutin membersihkan ketiganya minimal sebulan sekali agar koneksi internet pc atau laptop Anda bisa berjalan dengan baik dan pastinya tidak ada kendala apapun.

2 dari 8 halaman

2. Jangan Membuka Tabs Terlalu Banyak

Cara mempercepat koneksi internet yang ampuh dan anti buffering yang selanjutnya adalah dengan menghindari membuka tabs yang terlalu banyak.

Terkadang karena tidak ingin menutup suatu laman, membuka tab baru untuk membuka tab baru untuk mengakses halaman atau situs lain tidak jarang akan dilakukan.

Semakin banyak anda membuka tabs akan sangat berpengaruh pada kinerja dari perangkat Anda. Disarankan untuk tidak membuka tabs terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan.

3 dari 8 halaman

3. Pikirkan Kembali Untuk Menambah Add-Ons Pada Browser

Cara mempercepat koneksi internet yang ampuh dan anti buffering selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan fitur add-ons yang ditambahkan pada browser.

Ada beberapa dari para pengguna PC yang menambahkan berbagai add-ons untuk browsernya hanya untuk terlihat keren. Hal tersebut ternyata justru membuat browser menjadi rawan crash dan error.

Ditambah lagi dengan mengotak-atik settingan di halaman about config browser. Apabila tidak terlalu mengerti, maka akan menjadi browser lamban dalam kinerjanya.

4 dari 8 halaman

4. Perhatikan Modem Agar Tidak Terlalu Panas

Cara mempercepat koneksi internet yang ampuh dan anti buffering yang keempat adalah dengan memerhatikan modem agar tidak terlalu panas. Bagi pengguna pc ataupun laptop yang mengambil jaringan internet dari modem, harap sering sering untuk mencek kondisi modem yang anda miliki.

fi

makeuseof.com

Ada kalanya dalam penggunaan jangka waktu yang lama, modem akan menjadi lebih panas. Dengan panasnya suhu modem yang digunakan, maka secara otomatis akan membuat kinerja modem tersebut menjadi menurun.

Disarankan bagi Anda untuk mematikan PC atau laptop yang digunakan dan melepas modem tersebut. dinginkan untuk beberapa saat dan siap digunakan kembali seperti sedia kala.

5 dari 8 halaman

5. Selalu Update Anti Virus

Update anti virus pada PC atau laptop Anda merupakan salah satu cara mempercepat koneksi internet yang ampuh dan anti buffering yang selanjutnya.

prancis gunakan komputer sebagai buku

AFP PHOTO/PATRICK HERTZOG

Satu hal yang sering terjadi dan menjadi salah satu faktor penyebab mengapa PC atau juga browser menjadi lelet adalah adanya serangan virus. Gunakan dan update selalu antivirus yang anda pakai.

6 dari 8 halaman

6. Telpon Layanan Internet yang Anda Miliki

Cara mempercepat koneksi internet yang selanjutnya adalah dengan menelpon layanan internet yang anda miliki. Karena besar kemungkinan memang lambatnya akses internet disebabkan oleh penyedia layanan.

Oleh karenanya hubungi penyedia layanan tersebut untuk menanyakan permasalahan tersebut. Atau bisa saja anda lupa atau belum membayar layanan internet yang Anda miliki. Selalu memeriksa apakah paketan pulsa untuk internetan masih memadai atau sudah waktunya mengisi ulang.

7 dari 8 halaman

7. Perhatikan Ketinggian Router Wifi

Memerhatikan posisi ketinggian router wifi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk cara mempercepat koneksi internet yang ampuh dan anti buffering. Biasanya, banyak orang tidak terlalu mempedulikan pentingnya meletakkan spot yang baik untuk router Wi-Fi mereka. Padahal tidak pas sedikit saja akan terdapat perbedaan yang sangat besar.

Ternyata ketinggian tempat meletakkan router jadi hal yang cukup penting dalam kecepatan koneksi. Jika Anda meletakkan router di belakang barang-barang yang berserakan, hal tersebut dapat memperburuk sinyal Wi-Fi.

Selain itu, beton, cor, atau metal adalah material yang sangat kuat untuk menghalau gelombang Wi-Fi, Jadi hindarkan meletakkan router anda di area basement yang dikelilingi beton. Terkait posisi, makin jauh anda dari sumber Wi-Fi, maka sinyal akan makin lemah. Cobalah untuk mendekat ke router jika sinyal mulai lemah.

8 dari 8 halaman

8. Perhatikan Jumlah Pengguna yang Terlalu Banyak

Cara mempercepat koneksi internet yang ampuh dan anti buffering yang terakhir adalah dengan mengatur jumlah pengguna jaringan yang anda pakai. Koneksi yang digunakan banyak orang sudah dipastikan menjadi lemot. Terlebih lagi koneksi digunakan untuk aktivitas internet berat seperti bermain game atau streaming netflix.

Selain itu, mengunduh file-file yang besar juga berpengaruh pada kecepatan koneksi. Jika Anda lebih butuh browsing ketimbang mengunduh, coba tunda dulu unduhan Anda dan nikmati koneksi yang pasti lebih cepat. Banyaknya orang yang menggunakan koneksi internet anda akan memengaruhi jumlah bandwith yang termakan.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini